Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Air merupakan komponen pembentuk tubuh yang utama. Bahkan menurut penelitian disebutkan bahwa 55 hingga 78 persen kandungan di dalam tubuh adalah air. Itu mengapa konsumsi air sangatlah penting. Jumlah air yang dikonsumsi pun haruslah cukup, sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga. Para ahli sendiri merekomendasikan untuk mengonsumsi 8 hingga 10 gelas setiap hari. Untuk menarik minat mengenai konsumsi air ini, ada baiknya simak dahulu beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh berikut ini.

manfaat minum air putih

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

{1.} Meredakan kelelahan
Jika anda sering merasa lelah, maka bisa jadi tubuh anda kekurangan asupan air. Ketika asupan air kurang, fungsi tubuh akan berkurang efisiensinya. Itu mengapa kelelahan muncul dan jika dibiarkan maka dapat saja terjadi dehidrasi. Oleh sebab itu, disini air memiliki manfaat yang besar untuk membantu fungsi tubuh kembali baik dan kelelahan dapat dikurangi.

{2.} Obat sakit kepala dan migrain
Jika anda sedang mengalami sakit kepala ataupun sakit kepala sebelah, maka pertolongan pertama yang diajarkan oleh para ahli adalah minum air dalam jumlah banyak. Hal ini untuk mencegah terjadinya sakit kepala akibat dehidrasi. Hal tersebut juga dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh European Journal of Neurology, yang mana para peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air dapat membantu mengurangi jumlah waktu dan intensitas sakit kepala pada para peserta studi. lebih lengkapnya silahkan baca cara mengobati sakit kepala dan migrain

{3.} Membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk sembelit
Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Di sini manfaat minum air putih dapat membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Air yang kurang di dalam tubuh sering menyebabkan sembelit usus besar, sehingga menarik air dari kotoran dan menyebabkan kotoran menjadi kering dan sulit keluar. Oleh sebab itu, dengan asupan air yang cukup, maka penyerapan air dari kotoran secara berlebih dapat dicegah.

{4.} Menjaga kesehatan kulit
Konsumsi air dapat meningkatkan aliran darah kapiler, sehingga dapat mempromosikan kulit agar tampak lebih sehat. Air juga dapat membantu mengisi jaringan kulit, melembabkannya serta meningkatkan elastisitas.

Ketika tubuh mendapatkan cukup air, maka kulit akan terasa lebih lembab dan terlihat segar, lembut, halus serta bercahaya. Air juga dapat membantu mencegah garis halus, jerawat, bekas luka, kerutan dan berbagai gejala penuaan dini lainnya.

{5.} Menghilangkan bau mulut
Bau mulut merupakan pertanda bahwa anda kekurangan konsumsi air. Ketika anda mengonsumsi air putih, maka mulut akan lembab dan partikel makanan serta bakteri akan tersapu bersih. Hal ini menyebabkan senyawa bau yang diciptakan bakteri di dalam mulut dapat melemah. Untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan dengan membaca cara menghilangkan bau mulut

Kesimpulan
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh. Namun yang pasti ada atau tidak ada manfaat lebihnya, air putih sangatlah penting. Oleh sebab itu, baik bagi kita untuk lebih fokus mengonsumsi air putih dibandingkan jenis air lainnya. Setidaknya konsumsi 8 gelas setiap hari untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh