Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh

Strawberry merupakan buah yang sangat terkenal di Asia, termasuk di Indonesia. Kepopuleran strawberry hadir karena kandungan nutrisinya yang lebih tinggi dari jenis-jenis buah populer lain, seperti apel, pisang dan jeruk. Mungkin itu kenapa sebagian negara menjuluki buah merah dengan rasa manis asam ini dengan nama ratu buah. Selain itu, ada banyak manfaat buah starwberry bagi kesehatan tubuh yang jarang orang mengetahuinya. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut pembahasannya untuk anda.

manfaat buah starwberry bagi kesehatan

Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan

{1.} Perawatan mata
Mata kita bisa terkena banyak penyakit, misalnya mata kering berlebih, degenerasi saraf optik, degenerasi makula, cacat visi dan masih banyak lagi. Salah satu penyebab dari penyakit-penyakit tersebut dikarenakan oleh kurangnya nutrisi pelindung dan serangan radikal bebas. Disini kandungan strawberry, seperti antioksidan (flavonoid), asam elagic dan fitokimia fenolik berperan baik untuk mengatasi sebagian besar masalah tersebut. Selain itu, kandungan potasium pada satu buah strawberry juga dipercaya dapat memperbaiki tekanan mata.

{2.} Sistem kekebalan
Sistem kekebalan tubuh merupakan benteng pertahanan bagi tubuh manusia terhadap serangan infeksi dan kondisi lainnya yang berpotensi merusak dan berbahaya. Disini strawberry bisa mengambil andil untuk membantu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C di dalam satu porsi tunggal strawberry dapat memenuhi 150 persen kebutuhan harian tubuh. Sedangkan Kita tahu bahwa vitamin C merupakan booster bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga merupakan antikoksidan, yang mana berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dan produk sampingan dari metabolisme sel.

{3.} Kanker
Manfaat buah strawberry bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah sebagai anti-kanker. kandungan flavonoid pada strawberry jika diuraikan akan menjadi banyak senyawa, diantaranya seperti vitamin C, quercetin, folat, kaempferol dan anthocyanin. Semua kandungan flavonoid tersebut diteliti memiliki sifat anti-kanker, bahkan juga tumor. Hal itu juga dibuktikan dalam penelitian lainnya, dimana mengonsumsi strawberry setiap hari mampu menurunkan risiko merastasis sel kanker yang berbahaya.

{4.} Fungsi otak 
Tidak jauh berbeda dengan manfaat lainnya, kandungan vitamin C dan fitokimia pada strawberry diteliti juga memiliki kemampuan untuk menetralkan efek oksidan, sekaligus meremajakan sistem. Disini efek antioksidan pada strawberry dapat melawan radikal bebas yang menjadi salah satu agen yang bertanggung jawab pada penurunan fungsi otak dan sistem saraf. Selain itu strawberry juga mengandung yodium yang mana berfungsi untuk mengatur fungsi otak dan sistem saraf. Lebih dari itu, strawberry juga mengandung kalium yang berkaitat dengan peningkatan fungsi kognitif.

{5.} Tekanan darah
Kandungan magnesium dan kalium pada Strawberry juga diteliti amat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Hal tersebut bisa dikarenakan fungsi kalium sebagai vasodilator, yang berarti dapat mengurangi hipertensi dan kekakuan pada arteri dan pembuluh darah.


Kesimpulan
Melihat banyaknya manfaat buah strawberry bagi kesehatan tubuh, sudah sewajarnya kita untuk rutin mengonsumsi buah lezat ini. Setidaknya seminggu sekali, sebulan sekali atau beberapa bulan sekali. Namun jika tidak mampu, maka konsumsilah buah apa saja yang ada, karena kandungan dari buah pada umumnya sama-sama berfungsi baik bagi tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh