Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh

Melon merupakan salah satu buah yang paling populer di Indonesia. Menurut penelitian disebutkan bahwa buah melon mengandung nutrisi yang sangat baik. Sebut saja terdapat kandungan berbagai macam vitamin, termasuk vitamin A, C dan B6. Selain itu ada pula kalium, serat dan asam folat. Anda yang menyukai buah dengan jenis yang banyak ini bisa membaca pembahasan berikut mengenai berbagai macam manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh.

manfaat buah melon

Manfaat Buah Melon

{1.} Mencegah kanker
Melon mengandung nutrisi yang sangat tinggi, termasuk juga ada beta-karoten, yang mana merupakan karotenoid penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, kandungan melon ini dipercaya dapat digunakan untuk mencegah beberapa jenis kanker dan phytochemical. Bahkan buah segar ini juga dikaitkan sebagai anti-tumor.

Secara keseluruhan, kandungan gizi yang terdapat pada melon merupakan alat yang ampuh untuk mencegah kanker, sekaligus juga menghalau radikal bebas. Selain itu melon juga diteliti dapat menjaga kondisi tubuh dari kondisi berbahaya, termasuk juga yang berhubungan dengan penyakit jantung.

{2.} Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selain mengandung beta-karoten, melon juga mengandung vitamin C. Kedua kandungan inilah yang benar-benar dapat menghalau radikal bebas sekaligus menjadi booster bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin C pada buah ini juga dapat merangsang produksi sel darah putih dan juga bertindak sebagai penghancur berbagai jenis bakteri, zat beracun dan virus yang berbahaya.

{3.} Menjaga kesehatan mata.
Selanjutnya manfaat buah melon bagi kesehatan adalah menjaga kesehatan mata. Karotenoid yang terdapat pada buah melon juga ternyata baik untuk mata. Terkhusus untuk mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula. Hal ini juga didukung oleh kandungan lainnya, seperti vitamin C.

{4.} Menjaga kesehatan kulit
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melon mengandung beta-karoten. Di sini kandungan tersebut ternyata dapat dijadikan prekursor vitamin A. Meski sebagian besar beta-karoten digunakan sebagai antioksidan, namun ada sejumlah kandungan yang menjadi vitamin A dan masuk ke dalam kulit serta merangsang membran sel-sel kulit. Selanjutnya vitamin tersebut akan bermanfaat bagi kulit, seperti meningkatkan pertumbuhan kembali kulit, melindungi membran dari racun berbahaya dan juga menjaga kulit dari iritasi.

{5.} Mengatasi radang sendi
Buah melon juga mengandung fitokimia, yang mana memiliki efek anti-inflamasi. Hal ini secara tidak langsung menjadikan melon sebagai buah yang cocok dijadikan konsumsi diet untuk mencegah stres oksidatif pada tulang dan sendi, sehingga dapat menguangi peradangan. Hal ini juga berarti menandakan bahwa melon dapat mencegah berbagai macam masalah tulang, termasuk juga arthritis.

Kesimpulan
Melihat begitu banyaknya manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh, bahkan sebagian diantaranya begitu sangat vital dan memiliki peran yang besar, sudah sepantasnya anda tidak melewatkan mengonsumsi buah segar yang satu ini. Terlebih di Indonesia sendiri melon sangat mudah ditemui dan dikembang biakan.

Baca juga manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh. Rasa asam yang bercampur dengan manis akan membuat sebagian dari kita kurang menyukai buah yang berbentuk bintang ini, padahal kandungan air serta serat pada belimbing bergitu berlimpah. Buah dengan nama latin “Averhoa Carambola L” dan begitu identik dan disebut dengan buah pedesanan, hal ini dikarenakan belimbing akan lebih mudah ditemui di pedesaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh