Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Buah kurma tercatat sudah dibudidayakan sejak sekitar 6000 SM. Ciri utama dari buah ini adalah sifatnya yang manis, sedangkan jenisnya sendiri cukup bervariasi. Untuk cara makannya bisa dalam keadaan basah dan kering (mirip dengan kismis). Sedangkan untuk kandungannya sendiri bisa dibilang sangat kaya akan nutrisi, mulai dari mineral, seperti kalsium, natrium, fosfor dan kalium, hingga vitamin. Agar lebih mengerti mengenai makanan yang satu ini, mari kita simak beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh berikut.

manfaat buah kurma

Manfaat Buah kurma Bagi Kesehatan

{1.} Sembelit
Buah kurma bisa dijadikan obat pencahar. Itu mengapa buah ini sangat cocok bagi para penderita sembelit. Selain itu kurma juga dipercaya dapat mempromosikan gerakan usus agar tetap sehat dan nyaman. Bahkan efek pencaharnya pun dapat meringankan gejala dari sakit perut itu sendiri.

{2.} Kesehatan dan kekuatan tulang
Kandungan mineral yang signifikan di dalam buah kurma dapat dijadikan asupan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit yang dapat melemahkan tulang, misalnya saja osteoporosis. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah mangan, selenium, magnesium dan tembaga. Semua zat mineral tersebut diteliti merupakan zat pembangun tulang yang sehat dan kuat.

{3.} Anemia
Manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah untuk mengatasi anemia. Disini kandungan mineral pada kurma, khususnya zat besi dapat dijadikan suplemen bagi penderita anemia. Tingginya zat besi pada kurma diteliti dapat meningkatkan saldo besi sekaligus meningkatkan energi dan kekuatan. Selain itu, zat besi tersebut juga dapat mengurangi kelesuan, lemah dan kelelahan akibat gejala anemia.

{4.} Alergi
Buah kurma ternyata diteliti mengandung senyawa sulfur organik yang dapat berkhasiat untuk mengurangi reaksi alergi, termasuk alergi musiman. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2002 disebutkan bahwa senyawa sulfur organik bisa berdampak positif pada sejumlah penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis).

{5.} Berat badan
Khasiat lainnya dari kurma yang tidak kalah baik bagi tubuh adalah untuk diet. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan gula, protein dan vitamin esensial yang cukup banyak. Selain itu menurut penelitian lainnya disebutkan bahwa mencampurkan kurma dengan pasta mentimun dapat menjaga berat badan tubuh tetap normal. Kurma juga dapat dijadikan makanan diet, karena kalorinya yang cukup untuk membuat anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

{6.} Meningkatkan energi
Buah kurma kaya akan sukrosa, glukosa dan fruktosa, yang mana dapat meningkatkan energi tubuh. Itu mengapa buah ini sangat cocok bagi mereka yang tubuhnya lesu dan lemas. Serta mungkin juga menjadi alasan mengapa saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma.

Kesimpulan
Melihat banyaknya manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh, sudah sepantasnya anda untuk mencoba mengonsumsinya secara teratur. Terlebih masih ada lagi manfaat-manfaat lainnya dari kurma yang tidak kalah menarik untuk dibahas. Misalnya saja berkhasiat menjaga kesehatan jantung, mengatasi kemabukan, diare, kanker perut hingga menjaga kesehatan sistem saraf.

Baca juga manfaat buah strawberry yang merupakan salah satu buah terkenal di Asia, termasuk Indonesia salah satunya. Kepopuleran dari strawberry ini dikarenakan memiliki kandungan nutrisi yang begitu tinggi jika dibandingkan dari beberapa buah populer yang lainnya, seperti pisang, jeruk dan apel. Karena itu sebagian negara juga menjulukinya ratu buah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah kurma Bagi Kesehatan Tubuh