Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Buah kelapa merupakan salah satu jenis buah serbaguna, yang mana bagian luar hingga bagian dalamnya dapat digunakan untuk kebutuhan manusia. Bahkan tanaman kelapa keseluruhannya memiliki manfaat. Oleh sebab itu, tidak berlebihan rasanya jika buah kelapa masuk ke dalam golongan buah super. Untuk lebih mengenal manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh, alangkah baiknya anda menyimak pembahasannya berikut ini.

manfaat buah kelapa bagi kesehatan

Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan

{1.} Perawatan rambut
Buah kelapa dapat diolah menjadi minyak kelapa, yang nantinya dapat dijadikan sumber nutrisi yang baik bagi rambut. Selain itu minyak kelapa juga bermanfaat untuk memberikan kemilau pada rambut dan meningkatkan kadar protein secara efektif, yang mana secara tidak langsung meningkatkan kualitas kesehatan rambut. Untuk penjelasan mengenai perawatan rambut silahkan baca cara merawat rambut secara alami.

{2.} Penyakit jantung
Mungkin ada sebagian orang yang berkata bahwa minyak dari buah kelapa tidak baik bagi jantung, dikarenakan lemak jenuh di dalamnya. Namun ternyata pernyataan tersebut kurang tepat. Mengapa? Karena minyak ekstrak dari buah kelapa diteliti memiliki kandungan 50 persen asam laurat, yang mana dapat membantu mencegah berbagai masalah jantung, semisal kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Sedangkan lemak jenuh pada kelapa tidak berbahaya, karena sifatnya sama dengan apa yang biasa ditemukan pada minyak sayur.

{3.} Kontrol diabetes
Kelapa dapat meningkatkan sekresi insulin dan juga pendayagunaan glukosa darah. Cara kerja dari buah kelapa adalah memperlambat kenaikan tingkat gula darah dan membantu mengurngi keinginan glikemik. Selain itu buah kelapa juga bermanfaat cepat untuk kesehatan pencernaan, termasuk mengobati gejala-gejala yang berhubungan dengan gangguan usus dan pencernaan, semisal mual dan muntah.

{4.} Anti penuaan
Manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan kinetin (trans-zeatin) dan sitokinin pada buah kelapa memiliki efek anti trombotik, anti penuaan pada tubuh dan anti-karsinogenik.

{5.} Meningkatkan kekebalan tubuh
Kita sepakat bahwa buah kelapa mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Kesemua nutrisi tersebut ternyata diteliti sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu mengapa buah kelapa cocok sebagai antivirus, anti-bakteri dan antijamur. Selain itu buah kelapa juga cocok dikonsumsi untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit yang cukup tangguh, seperti bronkitis, infeksi tenggorokan, infeksi saluran kemih, cacing pita dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh mikroba.

{6.} Meningkatkan energi
Manfaat lainnya dari buah kelapa adalah untuk meningkatkan energi dengan cara membakar lemak. Kandungan trigliserida pada buah kelapa dapat meningkatkan pengeluaran energi selama 24 jam dengan penurunan berat badan hingga 5 persen. Itu mengapa buah kelapa dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa lapar. Bahkan buah kelapa juga dapat meningkatkan fungsi tiroid sehat, sekaligus meringankan gejala kelelahan kronis.

Kesimpulan
Melihat banyaknya manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh, sudah sepantasnya untuk kita tidak anti pada seluruh olahan dari buah kelapa ini, baik olahannya dijadikan minuman, susu, minyak dan jenis lainnya. Namun yang terpenting tidak terlalu berlebih dan diimbangi dengan asupan makanan lainnya.

Baca juga manfaat buah kurma bagi kesehatan yang memiliki sifat dengan rasa yang manis dan jenisnya juga bervariasi. Kandungan dari buah kurma juga kaya akan nutrisi, dari mineral, seperti natrium, kalsium, fosfor serta kalium, hingga vitamin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh