Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing (Carambola) atau bisa kita sebut juga buah bintang adalah jenis buah yang termasuk ke dalam spesies Averrhoa Carambola. Tanaman ini hadir di banyak negara Asia, termasuk Filipina, Malaysia, India, Sri Lanka, Bangladesh dan juga Indonesia. Biasanya buah ini dijadikan santapan manis saat sudah matang atau rujak saat masih muda. Selain itu carambola juga ternyata memiliki berbagai macam khasiat. Ingin tahu apa saja manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

manfaat buah belimbing bagi kesehatan

Manfaat Buah Belimbing

{1.} Meningkatkan imunitas
Belimbing mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat cocok sebagai sumber antioksidan bagi tubuh. Bahkan kandungannya berada pada tingkat 34mg per buah, yang berarti sudah memenuhi 41 persen kebutuhan harian tubuh. Sedangkan kita tahu tubuh membutuhkan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk juga untuk menahan serangan penyakit umum, semisal flu, batuk dan infeksi sejenisnya. 

{2.} Melindungi dari peradangan
Radikal bebas adalah salah satu penyebab bertambah buruknya peradangan di dalam tubuh, bahkan dapat menunda perbaikan jaringan. Di lain pihak, belimbing yang memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi dapat melindungi tubuh dari peradangan. Bahkan vitamin C pada belimbing juga dapat menghasilkan kolagen, yang mana berfungsi untuk memperbaiki bentukan tulang, pembuluh darah dan arteri.

{3.} Anti-kanker
Manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh lainnya adalah sebagai obat anti-kanker alami. Ketika tubuh kekurangan antioksidan, maka radikal bebas akan berkembang biak dan merusak dengan cepat DNA dari sel-sel. Hal tersebut yang menyebabkan pertumbuhannya jadi tidak terkendali, sehingga memunculkan kanker pada sel-sel yang rusak dan membelah. Jika dibiarkan maka sel-sel jahat tersebut akan merusak sel-sel sehat.

Di sini kandungan vitamin C pada buah belimbing dapat dijadikan asupan antioksidan yang dapat membantu melawan pertumbuhan radikal bebas sebelum mereka merusak sel-sel sehat. Selain itu belimbing juga mengandung serat, sehingga cocok untuk membersihkan racun yang terdapat pada usus besar, yang mana racun tersebut diteliti dapat meningkatkan risiko munculnya kanker usus besar.

{4.} Menjaga tekanan darah dan jantung
Kandungan natrium dan kalium pada belimbing diteliti bukan hanya dapat menjadi elektrolit bagi tubuh, namun juga dapat menjaga tekanan darah. Selain itu, terdapat pula magnesium yang mana merupakan logam pengatur fungsi otot tubuh, termasuk juga otot jantung. Hal inilah yang membuat natrium dapat terkontrol dengan baik, sehingga tidak berbahaya bagi tekanan darah. Selain itu, magnesium pada belimbing juga dapat membantu menjaga detak jantung tetap stabil.

{5.} Menjaga kesehatan pencernaan
Khasiat lainnya dari buah manis masam ini adalah untuk menjaga pencernaan bekerja dengan baik. Hal ini disebabkan kandungan serat pada buah belimbing yang sangat cocok untuk ekosistem organ pencernaan. Bahkan dalam penelitian disebutkan bahwa serat dapat melunakkan tinja dan mendorong bakteri baik untuk dapat menjaga tubuh dari infeksi jamur.

Kesimpulan
Melihat beberapa manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh di atas, tidak ada salahnya untuk anda memasukkan buah tersebut sebagai salah satu asupan sehari-hari. Terlebih masih banyak lagi manfaat lainnya yang ada pada buah yang menguning saat matang ini, semisal dapat meningkat produksi susu pada ibu (ASI) dan menjaga kesehatan kulit dari serangan radikal bebas.

Baca juga manfaat buah kelapa bagi kesehatan tubuh yang merupakan buah yang serbaguna, mulai dari bagian luar dan pada bagian dalamnya bisa digunakan untuk kebutuhan. Maka dari itu, tidaklah berlebihan jika buah kelapa terserbut termasuk golongan buah yang super.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh