Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Makanan Alami Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh anda untuk meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah. Misalnya saja melakukan diet dan olahraga sehari-hari. Selain itu anda juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan, yang biasa disebut dengan nama makanan super (superfoods). Ingin tahu apa saja makanan alami untuk melancarkan sirkulasi darah? Berikut daftar lengkapnya untuk anda.


Makanan Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

{1.} Jeruk
Jeruk dengan berbagai jenisnya mengandung vitamin C tinggi yang dapat menjadi bantuan pengencer darah alami. Bahkan jeruk juga diteliti dapat memperkuat dinding kapiler serta mencegah terbentuknya plak, yang mana menjadi penyebab miskinnya sirkulasi darah.

{2.} Coklat hitam
Makanan lainnya yang dapat digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah adalah coklat hitam. Di sini soklat hitam atau kakao diteliti mengandung flavonoid yang secara alami dapat meningkatkan sirkulasi darah. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Circulation Journal disebutkan bahwa coklat hitam kaya akan flavonoid alami yang mana dapat memperbaiki kelancaran darah dibandingkan dengan coklat putih - tanpa flavonoid.

{3.} Cabe rawit
Cabe rawit atau cayenne merupakan lada segar atau bisa juga disebut rempah-rempah kering yang ternyata dapat berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sekaligus memperkuat arteri dan pembuluh darah. Untuk cara penggunaannya lebih baik langsung dimakan dalam keadaan mentah, semisal dibuat jus atau salad.

{4.} Biji bunga matahari
Biji bunga matahari diteliti mengandung vitamin E yang telah terbukti dapat membantu menjaga darah dari pembentukan gumpalan. Selain itu biji bunga matahari juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Hal ini tidak jauh berbeda dengan bahan makanan alami lain, seperti biji labu, zaitun dan kacang-kacangan.

{5.} Bawang putih
Makanan alami untuk melancarkan sirkulasi darah selanjutnya adalah bawang putih. Di sini bawang putih dapat membantu mencegah terbentuknya plak dan juga membersihkan darah.

{6.} Akar jahe
Makanan alami lainnya yang dapat digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah adalah akar jahe. Seperti yang sudah dikenal secara umum, jahe dapat membantu mengatasi mual dan masalah pencernaan. Selain itu, jahe juga ternyata dapat meningkatkan sirkulasi darah. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam keadaan mentah atau membuatnya menjadi teh (jamu).

{7.} Semangka
Semangka mengandung lycopene yang tinggi, yang mana merupakan antioksidan alami terkait untuk meningkatkan sirkulasi darah. Secara umum, lycopene adalah pigmen alami yang dapat memberikan warna merah pada sesuatu. Kandungan ini juga ada pada tomat dan aprikot.

{8.} Salmon dan alpukat
Anda dapat mengolah salmon ataupun alpukat untuk melancarkan sirkulasi darah. Kandungan asam lemak omega-3 pada kedua bahan ini dapat menyehatkan jantung dan mendukung sistem kardiovaskular, termasuk juga kaitannya dengan peningkatan sirkulasi darah.

Kesimpulan
Kedelapan makanan alami untuk melancarkan sirkulasi darah di atas dapat anda konsumsi setiap hari secara konsisten. Namun agar tidak bosan, anda bisa memilih salah satunya untuk satu hari penuh. Anda juga bisa mencampurkannya dengan makanan-makanan sehat lain agar konsumsi lebih mudah dan lezat.

Baca juga makanan yang dapat membuat awet muda, karena dengan semakin tuanya usia maka akan semakin bertambah masalah kesehatan yang akan muncul. Misalkan saja dengan melambatnya kinerja pada tubuh sehingga menimbulkan nyeri dan juga gangguan. Walaupun terlihat kecil, akan tetapi dampaknya akan banyak, seperti ditandai dengan kelelahan, rapuh dan timbulnya penyakit degeneratif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Alami Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah