Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menonaktifkan Aplikasi Android Yang Berjalan di Latar Belakang

Pada umumnya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background merupakan aplikasi yang berguna dengan baik, misalnya saja sinkronisasi, menyediakan data lokasi dan melakukan perancangan serta notifikasi. Namun begitu ada pula aplikasi yang bergerak tak terlihat dan memberatkan kinerja Android. Bahkan meskipun berguna baik, jika proses di latar belakang terlalu berlebih akan sangat berbahaya bagi perangkat. Untuk itu, jika akhir-akhir ini Android anda lambat dan sering lag, sebaiknya anda mencoba cara menonaktifkan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang berikut ini.


Cara Menonaktifkan Aplikasi Android Yang Berjalan di Latar Belakang
{1.} Proses statistik dan penggunaan baterai
Sebelum mengeksekusi aplikasi, sebaiknya kita lihat dulu data statistiknya. Kita lihat mana aplikasi yang memakan banyak memori dan mana yang tidak. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengaktifkan Developer Options terlebih dahulu dengan cara pergi ke menu “Settings” » “About Phone”. Selanjutnya tekan Build number sampai anda mendapatkan notifikasi Developer Options.

Sekarang pergi ke “Settings” » “Developer Options” » “Process Stats”. Tekan untuk memeriksa aplikasi apapun yang terlihat menggunakan banyak RAM. Setelah itu pergi ke menu “Setting” » “Battery”. Lalu lakukan hal yang sama, anda bisa menekan salah satu aplikasi untuk melihat penggunaan baterai.

{2.} Aplikasi apa yang harus diberhentikan?
Tentu biasanya pengguna Android menggunakan banyak aplikasi di latar belakang Mereka. Oleh sebab itu gunakanlah rumus prioritas. Sisihkan aplikasi yang benar-benar penting dan nonaktifkan yang tidak terlalu penting. Beberapa contoh aplikasi yang tidak terlalu penting biasanya berawalan dengan nama “Google”, yang mana merupakan aplikasi default. Misalnya saja Google Search, Google Play Services, Google Contacts Sync, Google Keyboard dan Google Play Store.

{3.} Cara menonaktifkan
Memberhentikan dan menghapus aplikasi di latar belakang selanjutnya saatnya anda untuk melakukan eksekusi. Masuk ke menu “Settings” » ”Apps”, lalu pilih aplikasi mana yang menurut anda tidak terlalu perlu dan menguras banyak energi Android. Setelah itu anda hanya perlu klik opsi “Disable”.

Untuk anda yang menggunakan OS Lollipop ke atas ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menekan tombol “Recent Apps”, yang berada di kanan tombol “Home”.

Sedangkan untuk melakukan penghapusan aplikasi, anda hanya perlu masuk ke menu “Settings” » “Apps”, pilih aplikasi dan klik ‘Uninstall”. Jika anda masih memerlukannya dan hanya ingin menonaktifkannya, anda hanya perlu melakukan hal yang sama, namun klik opsi “Force Stop”.


Kesimpulan
Selain menggunakan cara menonaktifkan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang tersebut, anda juga bisa menggunakan cara lainnya. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi bernama Greenify. Aplikasi ini merupaka metode hibernasi Android, yang mana memungkinkan semua atau salah satu aplikasi untuk tidur alias nonaktif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menonaktifkan Aplikasi Android Yang Berjalan di Latar Belakang