Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah Secara Alami

Mata merupakan satu dari beberapa organ eksternal pada tubuh manusia yang sangat penting. Fungsinya yang utama dan keadaannya yang rentan membuat mata sangat membutuhkan perhatian khusus. Terlebih banyak sekali penyakit yang menghantui organ ini dan sumber penyakitnya pun banyak. Untuk itu, jika anda ingin menjaga penglihatan tetap baik, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa cara menjaga kesehatan mata dengan mudah berikut ini.

cara menjaga kesehatan mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

{1.} Konsumsi makanan yang benar
Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh mata agar tetap terjaga kesehatannya. Beberapa diantaranya yang paling umum adalah asam lemak omega-3, zinc, lutein, vitamin C dan E. Semua nutrisi tersebut diteliti berpengaruh terhadap usia penglihatan, termasuk mencegah timbulnya masalah mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

Beberapa diantara makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut adalah kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau (misalnya sawi, kangkung dan bayam), telur, ikan salmon dan tuna. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi selain daging. Jangan lupakan juga buah, khususnya jeruk.

{2.} Berhenti merokok
Merokok meningkatkan risiko katarak, kerusakan saraf optik hingga degenerasi makula. Cobalah untuk berhenti merokok, karena rokok ini salah satu pangkal masalah kesehatan. Bukan hanya mata yang dapat rusak karena rokok, namun juga organ-organ lainnya, yang bahkan itu merupakan organ vital bagi kehidupan anda, semisal paru-paru dan jantung.

{3.} Kenakan kacamata hitam (sunglasses)
Selanjutnya cara menjaga kesehatan mata dengan mudah yang ketiga adalah dengan menggunakan pelindung mata. Salah satu pelindung yang dapat digunakan adalah kacamata hitam ataupun sunglasses. Kacamata dapat membantu anda melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Menurut penelitian, terlalu sering terpapar UV dapat mengakibatkan timbulnya katarak dan degenerasi makula.

Coba untuk memilih kacamata yang dapat menghalangi 100 persen sinar ( baik itu UVA maupun UVB). Biasanya kacamata yang baik menggunakan lensa sampul, sehingga dapat melindung mata bagian samping. Ada pula lensa terpolaris, yang dapat mengurangi silau saat berkendara.

{4.} Jaga jarak dari layar komputer dan elektronik lainnya
Ada banyak gejala yang terjadi akibat terlalu lama di depan layar. Diantaranya yang paling umum adalah ketegangan pada mata, pandangan menjadi kabur, mata kering, sakit kepala, kesulitan fokus pada jarak tertentu serta sakit pada punggung, leher dan bahu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa menggunakan kaca mata atau lensa kontak saat menggunakan barang elektronik berlayar. Selain itu, jika anda menggunakan komputer, pastikan posisi mata dan bagian atas monitor sejajar. Hindari pula silau yang datang dari layar. Jika bisa gunakan pelindung layar (anti silau). Jangan lupa juga pilih letak leptop dan kursi yang nyaman, sehingga tidak membuat badan mudah lelah. Selain itu juga, istirahatkan mata setidaknya 20 menit sekali dengan cara menghadap area lain sejauh mungkin (normalnya 20 kaki) selama 20 detik. Istirahatkan juga tubuh dengan cara berbaring selama 15 menit.

Kesimpulan
Sebenarnya masih banyak cara menjaga kesehatan mata secara alami dan efisien. Namun yang pasti, mata tidak akan rusak atau terganggu kesehatannya jika kita pandai, bijak dan tidak berlebihan dalam menggunakannya. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter untuk melihat kesehatan mata secara tepat dan berkesinambungan.

Baca juga cara menjaga kesehatan gigi dengan mudah karena gigi salah satu organ yang sangat penting. Maka dari itu, merawat serta menjaga gigi adalah suatu hal yang wajib. Jangan sampai hanya karena bermalas-malas, gigi tidak terawat sehingga akan bermunculan berbagai macam penyakit, seperti berlubang, gusi bengkak dan lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah Secara Alami