Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Meningkatkan Kecepatan Chrome Pada Android

Google Chrome merupakan salah satu browser terbaik tahun ini. Kiprahnya untuk memudahkan pengguna PC sangat dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat. Selain itu, Chrome juga ternyata sangat terkenal di kalangan pengguna Android. Meski begitu kehadiran Chrome tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis mobile browser lainnya. Ketika terlalu lama digunakan maka kinerjanya akan semakin melambat. Namun begitu anda tidak perlu terlalu khawatir, karena ada beberapa tips dan cara meningkatkan kecepatan Chrome pada Android yang dapat anda terapkan dengan mudah. Berikut tutorialnya untuk Anda.

cara meningkatkan kecepatan Chrome pada Android

Cara Meningkatkan Kecepatan Chrome Pada Android

{1.} Menghapus cache
Ini sebenarnya adalah metode yang dapat diterapkan kepada semua jenis aplikasi. Fungsi dari cache sendiri adalah untuk menyimpan data sementara, termasuk fragmentasi yang telah direkam sebelumnya. Ketika cache menumpuk terlalu banyak, maka suatu aplikasi, termasuk aplikasi browser akan berjalan dengan lambat. Oleh sebab itu, penting bagi para pengguna untuk membersihkan cache pada Chrme secara berkala.

Untuk melakukan metode ini anda hanya perlu masuk ke pengaturan (settings) pada perangkat Android. Setelah itu tekan opsi “Apps” untuk memunculkan daftar aplikasi. Selanjutnya pilih aplikasi Chrome agar info apps muncul. Lanjutkan dengan gulir ke bawah dan tekan tombol “Clear Cache”. Anda bisa melanjutkannya dengan me-restart browser untuk melihat efek dari penghapusan cache. Anda juga bisa menekan opsi “Clear Data” yang sifatnya berguna untuk menghapus semua data secara keseluruhan. Ini mengharuskan anda untuk kembali login akun pada semua jenis situs.

{2.} Tambahkan memori pada Chrome
Cara ini sama dengan yang biasa dilakukan oleh orang-orang pada Chrome versi desktop. Anda bisa melakukan pengaturan flag untuk melakukannya. Pertama-tama anda harus akses flag settings dengan cara memasukkan kode “chrome://flags” ke address bar. Dalam hal ini berarti kode sempurnanya adalah “chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area” (tanpa tanda kutip).

Nanti akan muncul beberapa opsi, anda hanya perlu klik menu drop-down yang ada di bawah judul. Selanjutnya naikkan angkanya dari default ke 512. Dengan cara ini berarti anda memberi Chrome ruang memori yang lebih daripada umumnya. Efek perubahan ini biasanya akan membuat proses menampilkan situs lebih komplek dan cepat, serta lag akan berkurang. Anda bisa mengakhiri pengaturan dengan menekan tombol “Relaunch Now”.

{3.} Mengurangi penggunaan data
Untuk mengurangi penggunaan data, sebenarnya anda bisa menggunakan cache. Namun tentunya cache disini sudah dihapus pada poin satu. Untuk itu, anda bisa menggunakan cara lainnya, yaitu mengaktifkan Data Saver. Anda bisa mengaktifkannya di opsi “Settings” > “Data Saver”.

{4.} Menonaktifkan JavaScript
Cara yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah dengan menonaktifkan JavaScript. Untuk pengaturannya hampir sama dengan poin-poin sebelumnya. Anda bisa melihat Tweak pada opsi “Settings” di Chrome browser.


Kesimpulan
Pada intinya cara meningkatkan kecepatan Chrome pada Android di atas berkecimpung pada pengurangan beban aplikasi Chrome itu sendiri. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengurangi penggunaan browser yang tidak terlalu perlu. Jangan lupa juga untuk menggunakan bookmark dan cache dengan efisien.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Kecepatan Chrome Pada Android