Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Asma terjadi akibat munculnya gangguan pernapasan yang ditandai dengan konstruksi episodik dan radang saluran bronkial. Asma bisa menjadi akut atau bahkan kronis, dan masalah kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab dari asma sendiri ada banyak, sebut saja karena alergi, infeksi pernapasan, kelembaban, polusi udara, udara dingin, pengawet makanan dan obat-obatan tertentu. Jika anda terkena masalah ini, baik itu kronis maupun akut, anda bisa mencoba beberapa cara mengobati asma secara alami berikut.

cara mengobati asma secara alami

Cara Mengobati Asma Secara Alami

{1.} Oregano
Salah satu obat mujarab untuk penyakit asma adalah oregano, sebuah ramuan rempah-rempah yang sejak lama menjadi salah satu bahan herbal (apotek hidup). Dengan sifat-inflamasi, kandungan carvacrol, terpene dan flavonoid pada oregano maka paru-paru akan lebih bersih dan asma akan lebih cepat sembuh. Selain itu oregano juga dipercaya dapat mengurangi peradangan pada tabung bronkial serta saluran pernapasan.

Untuk cara penggunannya, anda bisa mencampurkan 2 sdt oregano dengan 1 cangkir air panas. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu saring. Tambahkan sedikit madu, selanjutkan konsumsi. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 2 hingga 3 cangkir setiap hari.

{2.} Jahe
Jahe juga dapat anda gunakan sebagai cara menyembuhkan penyakit asma. Sama seperti oregano, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga cocok untuk mengurangi peradangan pada saluran napas. Menurut penelitan yang diplublikasikan oleh American Thoracic Society 2013 International Conference disebutkan bahwa senyawa yang terdapat pada jahe mampu membantu mengendurkan jaringan otot polos pada saluran pernapasan, yang biasanya terbatas ketika terkena serangan asma.

Anda bisa mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir teh jahe setiap hari. Untuk cara pembuatannya, campurkan 1 inci jahe yang sudah dipotong kecil ke dalam panci berisi air mendidih. Diamkan selama 10 menit, saring, lalu biarkan hingga dingin dan lanjutkan dengan mengonsumsinya. Anda juga bisa mencampurkan teh jahe dengan madu dan jus delima.

{3.} Bawang putih
Bagi masyarakat Cina, bawang putih merupakan rempah dapur yang memiliki manfaat kesehatan sangat tinggi, termasuk juga sebagai obat asma. Dengan sifat anti-inflamasi, bawang putih dapat bermanfaat untuk melancarkan kemacetan pada paru-paru. Selain itu, bawang putih juga mengandung antivirus dan antibiotik yang dapat melawan infeksi penyebab asma.

Pengolahan untuk ramuan ini sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 2 hingga 3 siung bawang putih ke dalam 1/4 cangkir susu panas. Selanjutnya diamkan hingga susu mendingin. Minum ramuan ini sehari sekali.

{4.} Kunyit
Kunyit mengandung antioksidan yang kuat, senyawa anti-inflamasi dan bahan kurkumin aktif yang dapat membantu melawan gejala asma. Anda bisa mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 cangkir susu. Didihkan ramuan tersebut, biarkan dingin, lalu konsumsi sebanyak 2 gelas per hari.

Kesimpulan
Asma bisa datang tiba-tiba dalam keadaan yang acak. Oleh sebab itu, cobalah untuk menerapkan cara mengobati penyakit asma secara alami di atas secara konsisten meskipun asma tidak kambuh. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Baca juga cara alami mengobati alergi yang merupakan salah satu penyakit atau masalah kesehatan yang umum terjadi. Penyebabnya dari alergi tersebut berbagai macam, namum umumnya alergi sering terjadi karena beraksinya suatu zat terhadap system dari kekebalan pada tubuh. Kebanyakan dari suatu zat tersebut adalah alergen yang sering ditemukan pada serbuk sari, hewan, jamur, debu dan serangga serta makanan dan juga obat-obatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami