Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Bintik-bintik atau flek hitam pada umumnya disebabkan oleh senyawa kimia, yaitu melanin yang produksinya berlebihan dalam satu spot. Flek hitam juga bisa disebut dengan nama hiper pigmentasi dan penyebabnya sendiri cukup banyak, misalnya saja karena fluktuasi hormon, paparan sinar matahari, bekas jerawat ataupun pengaruh dari obat-obatan. Jika anda memiliki bintik hitam, anda bisa mencoba cara menghilangkan flek hitam pada wajah berikut ini.

cara menghilangkan flek hitam pada wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam

{1.} Mulai dengan pengelupasan (exfoliating)
Flek hitam terbentuk oleh beberapa lapisan atas kulit. Dengan menyingkirkan bagian kulit yang hitam, maka secara tidak langsung anda telah menyingkirkan flek hitam itu sendiri. Untuk melakukan exfoliating Anda bisa menggosok wajah secara langsung. Namun cara ini bisa menyebabkan iritasi (kemerahan). Oleh sebab itu, anda bisa menggunakan pembersih yang bisa dibeli di supermarket dan toko kecantikan. Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan jus jeruk, alpukat atau lidah buaya.

Jika ingin lebih mudah, maka gunakan exfoliators listrik, semisal clarisonic. Ini merupakan metode yang lebih dalam dibandingkan pembersih standar. Anda bisa mendapatkannya secara online atau membelinya di toko obat.

{2.} Menggunakan asam topikal
Cara selanjutnya untuk mengelupas flek hitam pada wajah adalah dengan menggunakan zat asam. Ada beberapa jenis zat asam, namun pastikan gunakan yang mengandung alpha hydroxy acids, asam hidroksi beta atau retinoid. Dengan penerapan zat asam ini lapisan sel-sel kulit mati akan tergantikan dengan sel-sel segar. Bagusnya cara ini bisa mengatasi semua jenis hiper pigmentasi.

{3.} Coba vitamin E
Cara menghilangkan flek hitam lainnya adalah dengan menggunakan vitamin E. Di sini vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, sekaligus memperkuat sel yang baru. Anda bisa menggunakan vitamin E secara topikal (penerapan ke wajah secara langsung) dengan menggunakan minyak vitamin E yang bisa dibeli di toko obat atau toko kecantikan. Penggunaan sehari-hari secara konsisten dipercaya dapat memudarkan flek hitam pada wajah.

{4.} Perawatan laser
Cara mudah selanjutnya untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah adalah dengan menggunakan perawatan laser. Terapi ini bisa juga disebut dengan nama Intense Pulsed Light (IPL). Dengan tembakan cahaya yang cepat spot-spot gelap pada kulit akan hancur atau menguap. Perawatan ini memang sangat mudah, cepat dan efektif, namun cara ini juga cukup mahal dan bisa saja menyakitkan. Selain itu metode ini juga bisa saja dilakukan berkali-kali, bahkan hingga 4 atau 5 tahap.

{5.} Mikrodermabarasi
Cara terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan metode microdermabrasion. Secara sederhana metode ini menggunakan kristal yang sangat halus untuk melakukan sandblast pada bintik-bintik hitam. Waktu perawatannya sendiri biasanya sebulan sekali dan dilakukan selama berbulan-bulan. Selain itu metode ini juga harus dilakukan oleh profesional, karena kesalahan dapat menyebabkan kulit mengalami ititasi, bahkan warna kulit bisa bertambah buruk.

Kesimpulan
Beberapa Cara menghilangkan flek hitam pada wajah di atas mungkin terkesan jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun begitu cara-cara tersebut dirasa lebih aman dibandingkan penggunaan obat-obatan yang tidak terdaftar pada badan kesehatan di negara kita. Namun tentu beberapa diantaranya berharga mahal. Oleh sebab itu, jika tidak mampu, sebaiknya gunakan cara-cara alami atau rumahan saja.

Baca juga cara menghilangkan komedo secara alami yang merupakan kotoran penyumbat pori-pori sehingga nantinya akan mengakibatkan berupa bintik-bintik hitam pada wajah. Munculnya komedo tersebut dikarenakan adanya beberapa sel-sel kulit yang mati serta kelenjar minyak yang berlebihan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah