Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

Dalam bahasa medis, rambut bercabang sering disebut dengan nama trichoptilosis. Sedangkan penyebabnya sendiri bermacam-macam, bisa karena stres termal dan proses mekanik ataupun kimia yang membuat lapisan terluar rambut, yaitu kutikula mengalami penipisan. Selain itu rambut bercabang juga bisa disebabkan kurangnya asupan nutrisi dan kekeringan pada rambut. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mencoba salah satu cara mengatasi rambut bercabang secara alami yang akan dibahas pada daftar di bawah ini.

cara mengatasi rambut bercabang

Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

{1.} Susu dan krim
Kandungan yang ada pada susu dan krim dapat membantu menjaga kelembapan rambut anda. Selain itu, rambut anda pun akan lebih lentur dan halus, sehingga rambut bercabang dapat dicegah. Bahkan juga, protein pada susu dapat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan serta mendorong pertumbuhan rambut.

Anda bisa mencampurkan 1 sdm krim ke dalam 1 1/2 cangkir susu. Selanjutnya gunakan ramuan tersebut untuk mencuci rambut anda. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan cara dikeramas. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali selama beberapa bulan.

{2.} Madu
Madu memiliki properti humektan serta kandungan nutrisi yang tinggi, yang mana cocok untuk melawan kekeringan pada rambut dan kerusakan yang menjadi penyebab rambut bercabang. Madu juga dapat bertindak sebagai kondisioner, yang mana dapat membuat pertumbuhan rambut lebih alami, lebih lembut, bersinar dan lembab.

Untuk cara penggunaannya, anda hanya perlu mencampurkan 2 sdm madu dengan 4 cangkir air hangat. Selanjutnya keramaskan rambut anda menggunakan sampo biasa, lalu bilas menggunakan ramuan madu tersebut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas. Lakukan cara ini seminggu sekali.

{3.} Pisang
Buah pisang dapat anda jadikan cara mengatasi rambut bercabang secara alami yang bukan hanya efektif, namun juga mudah. Dengan nutrisi yang sangat kaya, seperti kandungan vitamin A, C dan E, serta kalium, seng dan besi membuat pisang menjadi buah yang cocok untuk mengatasi kerusakan pada rambut, termasuk juga kekeringan dan pecah-pecah.

Pengolahannya bisa dengan mencampurkan 1 buah pisang matang dengan 2 sdm yogurt tanpa gula dan sedikit air mawar serta jus lemon. Anda bisa mencampurkannya dengan cara diblender. Selanjutnya terapkan ramuan tersebut ke seluruh bagian rambut seperti masker. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini satu atau dua kali setiap minggu.

{4.} Alpukat
Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, magnesium, asam folat serta protein yang bisa merangsang pertumbuhan rambut sehat, serta mengatasi rambut yang rontok. Untuk cara penggunaannya bisa dicampukan dengan minyak zaitun. Selanjutnya oleskan ke rambut seperti saat menggunakan pisang. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dan keramas. Lakukan cara ini setiap minggu.

Kesimpulan
Selain menggunakan beberapa cara mengatasi rambut bercabang secara alami pada pembahasan di atas, anda juga sebaiknya membantu menjaga kesehatan rambut dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat, seperti buah dan sayur, yang mana mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi rambut.

Baca juga cara menebalkan rambut dengan cepat. Kecantikan adalah suatu kebanggaan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Akan tetapi, banyak diantara kita enggan maupun lupa merawat tubuhnya, salah satunya kurang memperhatikan kesehatan rambut. Jika rambut kurang terawat, maka akan gampang kering, mudah patah, dan gampang rontok jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya pencegahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami