Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang terjadi pada area bronkial, yaitu antara hidung dan paru-paru. Biasanya gejalanya adalah pembengkakan, peradangan serta infeksi yang menimbulkan nyeri pada dada, hidung tersumbat, batuk berlendir, sulit bernapas, nyeri otot, kelelahan dan demam. Sedangkan untuk penyebabnya sendiri dikarenakan virus, bakteri dan partikel pengiritasi. Anda yang mengalami masalah kesehatan ini bisa mencoba salah satu cara alami mengobati bronkitis yang akan dibahas pada daftar berikut.

cara alami mengobati bronkitis

Cara Alami Mengobati Penyakit Bronkitis

{1.} Air putih
Ketika anda menderita bronkitis, sebaiknya jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Cara yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi air bening. Konsumsi setidaknya 10 gelas sepanjang hari. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi jus buah ataupun jus sayuran. Ketika pagi hari, campurkan air putih dengan perasan setengah jeruk nipis yang ditambah sedikit madu. Hindari konsumsi kafein dan alkohol, karena ini adalah zat yang dapat mengurangi kadar cairan di dalam tubuh dengan cepat dan membuat lendir lebih sulit untuk pergi.

{2.} Biji wijen
Biji wijen memiliki sifat obat yang dapat menyembuhkan penyakit bronkitis, termasuk juga membantu meringankan nyeri pada dada yang menjadi salah satu gejala bronkitis. Anda bisa mencampurkan 1 sdt biji wijen dengan 1 sdt biji rami. Tambahkan sejumput garam dan 1 sdt madu. Konsumsi ramuan ini sebelum tidur.

{3.} Bawang
Efek ekspektoran pada bawang dapat anda jadikan cara alami mengobati penyakit bronkitis. Kandungan tersebut dipercaya dapat melarutkan dahak dan lendir, sehingga saluran pernapasan Anda akan lebih lega. Untuk penerapannya, anda bisa mengonsumsi 1 sdt jus bawang mentah setiap pagi selagi perut kosong. Selain itu masukkan juga bawang ke dalam setiap masakan Anda.

{4.} Madu
Madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus, sehingga dapat mengusir penyebab-penyebab dari bronkitis, sekaligus juga memberi efek penenang bagi tenggorokan. Selain itu, kandungan pada madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah bronkitis datang kembali.

Cara pengolahannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sdt madu dengan secangkir air putih. Selanjutnya konsumsi secara teratur. Anda juga bisa menambahkan jus lemon hangat untuk melancarkan dan mengobati peradangan pada tenggorokan.

{5.} Air garam
Anda juga bisa berkumur dengan air garam untuk mengobati penyakit bronkitis. Cukup campurkan secangkir air hangat dengan 1 sdt garam. Setelah itu gunakan unuk berkumur secara teratur. Tetap ingat untuk tidak berlebihan dalam menggunakan garam, karena jika terlalu banyak bisa memberikan sensasi terbakar pada tenggorokan.

{6.} Kunyit
Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang cocok untuk mengobati batuk pada bronkitis. Anda bisa mencampurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan secangkir susu. Rebus, lalu minum dua atau tiga kali dalam sehari. Tetap ingat bahwa ramuan ini tidak cocok untuk penderita batu kandung empedu, maag, ikterus onstruktif dan hyperacidity.

Kesimpulan 
Dengan menerapkan cara alami mengobati bronkitis di atas, setidaknya gejala-gejala yang timbul bisa ditekan semaksimal mungkin. Tetap berkonsultasi kepada dokter atau ahli untuk mendapatkan penanganan yang terbaik. Selain itu jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

Baca juga cara mengobati penyakit rematik atau yang sering disebut juga encok, adalah berupa gangguan di persendian juga jaringan pada sekeliling sendi seperti otot, urat syaraf, serta tendon. Rematik pada umumnya terjadi di usia 40 tahun ke atas dan alasan dalam memilih pengobatan alami pada rematik adalah agar dapat menghindari efek samping dari menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia dalam jangka panjang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Penyakit Bronkitis