Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengobati Alergi Dengan Cepat dan Mudah

Alergi merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi di seluruh negara di dunia. Penyebabnya ada banyak sekali, sebagian di antaranya cukup ringan, sedangkan sebagian lainnya berpotensi untuk mengancam nyawa. Pada umumnya alergi terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang beraksi terhadap suatu zat. Kebanyakan zat tersebut merupakan alergen yang banyak ditemukan di serbuk sari, debu, hewan, serangga, jamur, makanan dan obat-obatan. Beberapa cara alami mengobati alergi di bawah ini mungkin bisa jadi salah satu alternatif pencegahan dan perawatan.

cara alami mengobati alergi

Cara Alami Mengobati Alergi Dengan Cepat dan Mudah

{1.} Mandi air panas
Ketika anda banyak beraktivitas, sangat mungkin untuk serbuk sari melekat pada tubuh, termasuk rambut dan kulit. Selain itu, ada pula partikel debu yang dapat memicu iritasi dan gejala alergi lainnya. Di sini mandi air panas dapat membuat alergi pergi dengan cepat sebelum berkembang lebih parah. Anda bisa mencuci bagian tubuh dan rambut secara menyeluruh. Selain itu bersihkan juga hidung.

{2.} Madu
Banyak orang yang percaya bahwa madu dapat menyingkirkan berbagai gejala alergi. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan bee pollen pada madu lokal yang dapat menangkan alergi. Anda bisa mengonsumsi 1 sdt atau lebih madu setiap harinya.

{3.} Kunyit
Seperti yang kita tahu bersama, kunyit mengandung zat bernama kurkumin yang dapat menjadi dekongestan alami, sehingga dapat menangkal berbagai gejala alergi. Selain itu kunyit juga mengandung zat anti-inflamasi dan antioksidan yang sama-sama bermanfaat sebagai cara mengobati alergi secara alami.

Untuk cara pengolahannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan 6 sdm bubuk kunyit dengan madu mentah secukupnya. Masukkan ramuan tersebut ke dalam botol kaca atau toples kaca lainnya yang bisa ditutup. Setelah diaduk hingga rata, konsumsi 1 sdt ramuan tersebut setiap dua kali sehari. Anda juga bisa membeli suplemen kunyit, namun tetap konsultasikan dengan ahli (dokter).

{4.} Lemon
Buah lemon diteliti mengandung antihistamin alami, vitamin C tinggi dan antioksidan. Selain itu lemon juga dapat bekerja sebagai antitoksin. Dengan semua sifat baiknya tersebut, lemon merupakan buah yang efektif sebagai obat alergi. Lakukan metode ini sebelum musim alergi datang. Caranya anda bisa mengonsumsi secangkir air panas yang dicampur dengan perasan 1 buah lemon. Lakukan setiap pagi hingga alergi pergi.

{5.} Bawang putih
Anda juga bisa mengobati dan mencegah alergi dengan menggunakan bawang putih. Sifat antibiotik alami yang ada pada bawang putih sangat cocok untuk menangkal alergi. Selain itu, bawang putih juga mengandung sifat antivirus dan kekebalan. Untuk cara mengonsumsinya, anda bisa memakan secara mentah-mentah 2 hingga 3 siung bawang putih setiap hari. Lakukan cara ini selama satu atau dua minggu.

Kesimpulan
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, alergi dapat mengancam nyawa penderitanya. Oleh sebab itu, jika anda memiliki riwayat alergi yang berbahaya, sebaiknya lakukan konsultasi dahulu ke dokter untuk menanyakan diagnosa, pengobatan medis dan juga penggunaan cara alami mengobati alergi dengan cepat di atas.

Baca juga cara alami mengobati bronkitis yang merupakan salah satu penyakit yang timbul karena infeksi pada bronkus yang biasanya berasal dari hidung serta tenggorokan. Apa itu bronkus..? bronkus adalah pipa sempit yang bersumber dari trakea yang dihubungkan pada saluran pernapasan atas, hidung dan tenggorokan serta sinus ke paru. Gejala yang ditunjukkan oleh bronkitis adalah adanya batuk pilek, namun batuk akan bertambah parah apa bila terjadi infeksi paru dan akan menyebar ke bronkus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Alergi Dengan Cepat dan Mudah