Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Mudah

Minyak pada kulit memiliki manfaat yang penting, yaitu mencegah timbulnya keriput dini dan kekeringan. Namun begitu, akumulasi minyak berlebih pada kulit dapat menyebabkan banyak masalah, misalnya saja whiteheads, jerawat, iritasi dan komedo. Untuk penyebabnya sendiri beragam, bisa karena genetika, stres, pola diet yang salah ataupun perubahan hormon (pubertas). Jika anda adalah salah satu orang yang mengalami minyak berlebih, ada baiknya anda mencoba cara alami mengatasi kulit berminyak berikut ini.

cara mengatasi kulit berminyak

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

{1.} Putih telur
Kandungan di dalam putih telur cukup luar biasa. Salah satunya adalah vitamin A yang tinggi, yang mana diteliti dapat mengeringkan noda kulit sekaligus mengencangkan kulit yang berminyak. Untuk cara penggunaannya pun sederhana, dimana anda hanya perlu memisahkan putih telur dari kuningnya. Setelah itu oleskan putih telur tersebut ke bagian kulit yang berminyak. Diamkan hingga benar-benar mengering seperti kerak, lalu cuci menggunakan air hangat. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

{2.} Jus lemon
Lemon mengandung asam sitrat, yang mana dapat dijadikan antiseptik. Fungsinya bukan hanya untuk mengurangi minyak berlebih, namun juga meringankan perubahan warna kulit dan mengembalikan keseimbangan pH.

Untuk pembuatannya mudah saja, anda bisa mencampurkan 1 sdt jus lemon segar dengan 1 1/2 sdt air bersih. Selanjutnya aduk hingga tercampur, lalu oleshkan ke kulit yang berminyak menggunakan bola kapas. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci dengan air hangat.

{3.} Yogurt
Perlu diketahui, yogurt mengandung asam laktat, yang mana dapat berkhasiat untuk melembutkan kulit dan menyerap kelebihan minyak. Cara pengolahannya pun sederhana, dimana anda hanya perlu menerapkan 1 sdm yogurt polos ke area kulit hingga merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sebanyak sekali dalam sehari.

{4.} Tomat
Cara alami mengatasi kulit berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat. Disini tomat berfungsi juga untuk mendinginkan kulit dan sifat asamnya dapat menyingkirkan minyak berlebih. Selain itu, kandungan vitamin C pada tomat juga dapat berfungsi untuk mengatasi kulit berjerawat.
anda bisa memotong tomat menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan bagian dalam tomat ke kulit yang berminyak. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Anda juga bisa melanjutkan perawatan menggunakan pelembab bebas minyak.

{5.} Apel
Buah apel dapat digunakan sebagai agen pengelupasan. Selain itu, apel juga memiliki sifat antiseptik yang dapat menenangkan kulit dan mengatasi kulit berminyak. Zat asam dalam buah lezat ini juga dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih di permukaan kulit.

Untuk pengolahannya anda bisa menyiapkan satu buah apel yang telah di parut. Selanjutnya terapkan parutan apel tersebut ke seluruh area kulit yang berminyak. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci menggunakan air hangat.

Kesimpulan
Selain cara alami mengatasi kulit berminyak di atas, ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan murah di rumah. Misalnya saja dengan menggunakan mentimun, cuka sari apel, susu ataupun gel dari lidah buaya.

Baca juga 5 kesalahan saat mencuci muka, karena mencuci wajah adalah bagian dari menjaga kesehatan. Oleh karena itu, kita wajib melakukannya dengan cara yang konsisten, supaya wajah tidak mudah untuk terserang segala macam penyakit kulit. Selain dari pada itu, banyak dari kita belum paham akan seluk beluk dalam mencuci muka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Mudah