Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tempat Wisata di Payakumbuh Sumatera Barat Yang Eksotis

Payakumbuh adalah kota terbesar ketiga di Sumatera Barat. Payakumbuh terletak di daerah dataran tinggi, merupakan bagian dari Bukit Barisan. Terletak di hamparan kaki Gunung Sago, bentang alam dari Kota Payakumbuh memiliki ketinggian bervariasi. Payakumbuh berjarak kurang lebih sekitar 30 km dari Kota Bukittinggi, sekitar 188 km dari Kota Pekanbaru dan lebih kurang sekitar 120 km dari Kota Padang. Kota Payakumbuh juga dikenal memiliki banyak makanan khasnya seperti beras galamai, botiah, beras rendang, kipang, rendang telor, rendang belut dan masih banyak lagi. Selain memiliki makanan khas Kota Payakumbuh juga memiliki objek wisata yang eksotis, berikut ini adalah beberapa daftar tempat wisata di Payakumbuh yang menarik dan wajib anda kunjungi.

Tempat Wisata di Payakumbuh

{1.} Lembah Harau


Lembah Harau yang terkenal dengan Air Terjunnya, Dengan ketinggian yang sangat mekajubkan yang mencapai 300 meter dengan kemiringan hampir 90 derajat. Dengan cuacanya sangat pas untuk refreshing, karena masih sangat alami dan segar. Memiliki tebing granit dengan ketinggian 80 meter hingga sampai 200 meter lebih. Bagi anda yang mempunyai hobi memanjat tebing, dengan menjajal ketinggian tebing dari Lembah harau sangat cocok dan menantang adrenalin. Lembah Harau sendiri adalah merupakan objek wisata yang sudah cukup tua, diperkirakan sudah ada dan telah dikunjungi sejak tahun 1926 silam.

{2.} Pemandian Batang Tabik


Pemandian Batang Tabik ini selalu menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Payakumbuh. Dengan suasana tempat pemandian yang memanjakan mata dengan airnya yang sangat jernih, segar dan juga sejuk. Keindahan dari  kawasannya pun tampak asri yang dikelilingi sawah-sawah. Di kawasan pemandian ini juga terdapat 3 jenis kolam yang terhubung dengan parit yang dibuat, yaitu kolam untuk orang dewasa, kolam untuk anak-anak dan kolam untuk ibu. Kolam untuk anak-anak dibuat dangkal, dan kolam untuk orang dewasa lumayan agak dalam dan dibuat dari dasar keramik dan terdapat perosotan. Tetapi yang menarik dari 3 kolam mini tersebut adalah kolam ibu, bukan dikarenakan banyaknya para ibu-ibu yang mandi disana, akan tetapi air kolamnya yang bersumber dari mata air yang masih alami serta tidak disemen sedangkan airnya sangat luar biasa jernihnya.

{3.} Goa Ngalau Indah


Ngalau indah adalah objek wisata goa yang di terletak di Kota Payakumbuh dan berada di lereng perbukitan. Didalam goa tersebut anda akan menyaksikan batu stalagmite dan stalagit dengan bentuk yang beraneka ragam. Seperti kursi, kelambu, ruang tidur dan lain sebagainya. Ukiran alam yang sungguh menakjubkan yang terbuat dari endapan kapur yang prosesnya selama ratusan tahun. Selain keindahan dari dalam goa, diluar goa pun juga tidak kalah indahnya, Ketika anda memandang kebawah, panorama dari Kota Payakumbuh menghadang di depan mata anda. Panorama ini akan memanjakan mata dengan menyajikan pemandangan bangunan dari Kota Payakumbuh, hamparan sawah-sawah dan perbukitan yang masih hijau di sekitar Payakumbuh.

{4.} Jembatan Kelok 9


Jembatan Kelok 9 yang sekaligus jalan lintas yang menghubungkan Kota Bukit Tinggi dan Pekanbaru. Terletak di Payakumbuh, Kini Jembatan Kelok 9 ini telah menjadi destinasi wisata yang terkenal. Jembatan yang disebut juga jembatan Layang Kelok 9 ini dibangun dengan sangat indah serta megah dan menjadi ikon konstruksi monumental yang ketinggian 250 meter, merupakan hasil dari karya anak bangsa yang panjang jalannya mencapai 2 km serta panjang jembatannya lebih kurang sekitar 1 km. Yang lebih menarik dari Jembatan Kelok 9 ini adalah konstruksinya dirancang agar dapat menahan beban gempa serta vertikal. kedepannya jembatan ini akan dibangun lift kaca dan kereta gantung.

{5.} Jembatan Ratapan Ibu


Jembatan Ratapan Ibu adalah jembatan yang terletak di Kota Payakumbuh. Jembatan ini dibangun pada tahun 1818 yang panjangnya 40 meter berupa arsitektur kuno dari susunan batu merah dengan setengah lingkaran yang direkatkan dengan kapur dan juga semen dan tanpa menggunakan tulang besi. Jembatan yang melintasi Sungai Batang Agam serta menghubungkan Pasar Payakumbuh dengan nagari Aie Tabik. Jembatan Ratapan Ibu ini dibangun oleh pemerintahan Hindia-Belanda menggunakan tangan para pribumi dengan pekerja paksa. Jembatan ini dinamakan Ratapan Ibu, dikarenakan ratapan ibu yang menjadi saksi dari pemuda para pejuang kemerdekaan di Payakumbuh yang dieksekusi oleh para serdadu belanda dijembatan ini.


Kesimpulan
Selain dari 4 tempat wisata di Payakumbuh sumatera barat pada pembahasan daftar di atas, anda yang sedang berkunjung ke Kota Payakumbuh juga dapat untuk memilih destinasi wisata lainnya yang tidak kalah eksotis, menawan dan indah lainnya seperti Gunung Sago, Rumah Gadang Sungai Beringin, Panorama Ampangan, dan lain sebagainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Wisata di Payakumbuh Sumatera Barat Yang Eksotis