Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Root merupakan suatu cara yang digunakan oleh pengguna gadget untuk mendapatkan akses penuh terhadap gadgetnya itu sendiri. Sedangkan root pada Android berarti mencari celah agar bisa mendapatkan akses penuh terhadap sistem Android. Hal ini tidak jauh berbeda dengan akses administrator pada Windows OS. Untuk lebih mengerti dan mengenal mengenai masalah ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan root Android.


Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Kelebihan Root Android

{1.} Melakukan Kustom ROM
Salah satu alasan orang-orang melakukan root pada Android-nya adalah karena ingin melakukan instal kustom ROM. Fungsi dari kustom ROM sendiri untuk memperbaiki kinerja perangkat sekaligus membuatnya lebih user friendly. Bahkan dalam keadaan lainnya, rooting pada Android berguna untuk meningkatkan kinerja baterai.

{2.} Ruang Penyimpanan Lebih Fleksibel
Kelebihan dari root pada Android selanjutnya adalah kemampuan pengguna untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD. Biasanya aplikasi-aplikasi default tidak akan bisa dihapus ataupun dipindahkan. Berbeda halnya dengan Android yang sudah diroot. Pengguna bahkan dapat melakukan symlink yang mana tidak bisa dilakukan oleh Android biasa.

{3.} Menjalankan Aplikasi Khusus
Perlu kita tahu, tidak semua aplikasi yang ada di Google Play Store dapat digunakan pada perangkat Android. Sebagian kecil diantaranya hanya bisa digunakan jika Android sudah diroot. Meski hanya sebagian kecil, namun kebanyakan diantaranya adalah aplikasi yang penting dan dapat meningkatkan produktivitas, seperti video recorder, cctv, scanner dan beberapa aplikasi berbasis game.

Kekurangan Root Android

{1.} Kerusakan Serius
Kekurangan pertama pada root Android adalah terjadinya kerusakan. Hal tersebut akan terjadi jikalau pengguna melakukan kesalahan ketika rooting, seperti terjadi korup pada flash file zip atau ada langkah yang dilewati. Seain itu, kerusakan serius pada Android yang sudah diroot juga bisa terjadi setelahnya. Misalnya ada orang awam yang menggunakan perangkat tersebut, lalu mengotak-atik bagian administrator yang notabene jika salah dapat berakibat kerusakan permanen pada software.

{2.} Kehilangan Garansi
Segera setelah melakukan root, secara tidak langsung perangkat Android tersebut akan kehilangan garansi dari perusahaan yang membuatnya. Secara tidak langsung pula, berarti pengguna kehilangan hak untuk untuk mendapatkan akses gratis terhadap perbaikan. Namun begitu, kejadian ini bisa dibatalkan terhadap sebagian perangkat, yang mana un-root dapat membuat garansi kembali normal.

{3.} Tidak Bisa Menjalankan Sebagian Aplikasi
Mungkin ini asinkron dengan pernyataan pada kolom kelebihan root Android. Namun pada beberapa kejadian, ada sebagian developer aplikasi yang melarang aplikasinya di instal pada peragkat Android yang sudah diroot.


Kesimpulan
Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan root Android di atas, Anda bisa mempelajari dulu secara seksama sebelum melakukan rooting. Selain itu, penjelasan mengenai kelebihan dan kekuangan root Android tersebut juga bisa dijadikan patokan bahwa rooting ini bisa menjadi positif jika dilakukan oleh ahlinya dan negatif jika dilakukan oleh orang awam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kelebihan dan Kekurangan Root Android