Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Hubungan Cinta

Memiliki hubungan adalah satu hal yang cukup rumit, terlebih jika memang satu sama lain membuatnya sulit. Kebanyakan hubungan cinta kandas hanya karena sikap satu sama lain yang salah. Tidak terlalu berat biasanya, hanya kata-kata picisan yang sedikit menyakitkan, lalu membuahkan masalah yang lebih besar, merambat bak akar pepohonan. Oleh sebab itu, jika ingin bertahan lama dengan pasangan anda, ada baiknya anda mengetahui kebiasaan buruk yang dapat merusak hubungan cinta berikut ini.


Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Hubungan Cinta

{1.} Membaca Pikiran
Cara termudah merusak sebuah hubungan adalah dengan bermain faktor-faktor psikis. Membaca pikiran dapat melumpuhkan asumsi lainnya, seperti mendengarkan, sehingga kasih sayang tidak tercipta. Ketika kita mencoba berpikir apa yang dilakukan pasangan, mengandai-andai, menyimpulkan niat pasangan dan menerka motif, sebenarnya kita sudah melumpuhkan hak pasangan untuk menjelaskan. Misalnya ketika pacar anda ingin mengatakan sesuatu persoalan yang sedang dihadapi, anda lalu dengan mudahnya berkata, “Saya tahu mengapa anda melakukan ini...”. Anda membaca pikiran pasangan atas asumsi tanpa fakta. Jika hasil dari membaca pikiran itu positif, maka tak masalah. Namun jika negatif, maka membaca pikiran akan menjadi pembunuh berdarah dingin dalam hubungan anda.

{2.} Kritik
Seorang pakar hubungan, John Gottman menulis sebuah buku berjudul The Seven Principles yang mana salah satu isinya membahas mengenai kritik dalam hubungan. Hasil dari bahasan tersebut menyimpulkan bahwa salah satu faktor yang menjadi penentu keberlangsungan hubungan adalah kritik. Gottman mengerti bahwa pasangan pasti akan mengeluh satu sama lain. Namun yang harus diketahui bersama, mengeluh berbeda dengan kritik. Kritik lebih luas, karena dapat menyerang orang secara langsung tanpa ampun.

{3.} Harapan Tidak Realistis
Ketika sebelum pacaran, kita ingin mendapatkan seorang pacar yang setia, penyayang, baik, pintar dan sebagainya. Lalu ketika sudah berpacaran, ternyata ada salah satu poin dari pacar kita yang tidak sama dengan harapan. Hal tersebut tentunya dapat membuat keseimbangan hubungan menghilang. Walhasil hubungan cinta yang dijalin menjadi mudah kandas.

{4.} Kontrol Pasangan
Keinginan untuk mengontrol pasangan anda membuat hubungan mudah rapuh dan hancur. Kontrol dengan sikap egois dengan segala kendali yang berkaitan satu sama lain membuat pasangan merasa terkekang. Bahkan bisa kita sebut ini adalah pembunuhan secara fisik maupun mental. Tidak ada pasangan yang ingin diatur, karena hal tersebut di luar batas hak dan kewajiban. Berbeda halnya jika antar pasangan berkomitmen untuk melaksanakan kewajiban, bukan melulu meminta hak. Hasil yang bisa didapat dari kontrol terhadap pasangan yang berlebihan adalah matinya hubungan cinta itu sendiri.


Kesimpulan
Dengan mengetahui ulasan tentang kebiasaan buruk yang dapat merusak hubungan cinta di atas, setidaknya anda bisa menerka dan menilai, sudah sejauh mana hubungan anda dan pasangan. Apakah hubungan tersebut sehat atau tidak. Jika tidak, maka perbaikilah sedini mungkin, sehingga tidak ada yang namanya saling menyakiti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Hubungan Cinta