Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengetahui Ciri Ciri Batu Ruby Yang Asli

Ruby merupakan salah satu jenis batu mulia yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Keindahannya yang mempesona memikat hati banyak orang, meskipun orang tersebut sebenarnya tidak mengetahui bahwa batu tersebut termasuk ke dalam jenis batu yang berharga. Dengan perkembangan yang pesat tersebut, batu jenis ini menjadi begitu banyak diminati oleh para kolektor kawakan maupun pemula. Untuk itu, jika anda menginginkannya juga, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu ciri ciri batu ruby.


Di pasaran, batu ruby terbagi berdasarkan beberapa faktor. Diantaranya yang paling umum adalah faktor harga, warna dan bentuk secara fisik. Baik harga yang mahal maupun murah tetap memiliki risiko yang tinggi terhadap penipuan, entah penjual yang melakukan kecurangan, seperti menjual batu ruby palsu atau sintetis, ataupun pengrajin yang mencampurkan batu ruby asli dengan batu jenis lainnya untuk meningkatkan harga.

Ada ciri ciri batu ruby asli umum yang dapat anda jadikan patokan bahwa batu tersebut asli atau palsu. Beberapa diantaranya dapat anda lakukan tanpa bantuan alat, sedangkan sebagian lainnya mungkin harus memakai alat dan kejelian yang tinggi. 

Ciri Ciri Batu Ruby Yang Asli

{1.} Tingkat Kekerasan
Ciri yang pertama pada batu ruby adalah tingkat kekerasannya yang terbilang sangat tinggi. Bahkan tidak sedikit yang menyimpulkan bahwa salah satu jenis batu akik ini memiliki kekuatan yang lebih besar daripada baja, sehingga bagian permukaannya tidak dapat terluka meskipun sudah tergores oleh benda tajam.

{2.} Campuran Kimia Pembentuk
Batu ruby hadir dalam bentuk dan komposisi yang sangat keras. Hal tersebut disebabkan oleh zat pembentuknya yang merupakan korundum mineral, yang mana merupakan salah satu jenis kristal alumunium oksida. Zat mineral tersebut diteliti memiliki ketahanan dan umur yang paling kuat di muka bumi.

{3.} Warna
Selanjutnya adalah warnanya yang sangat mencolok. Biasanya ciri ciri batu ruby adalah merah, namun terkadang memiliki warna sekunder berupa violet, oranye, merah muda atau ungu. Karena dominan dengan warna merahnya, batu ruby ini menjadi sering dipanggil dengan nama batu merah delima.

{4.} Reaksi terpaan sinar
Sama seperti jenis batu akik lainnya, ruby juga dapat diketahui ciri-ciri keasliannya dari reaksi berupa pantulan sinar. Biasanya batu ruby asli akan membentuk formasi six-point star (bintang) ataupun three-ray ketika disorot oleh sinar. Hal tersebut disebabkan oleh keadaan serat-serat yang terdapat di dalam batu ruby itu sendiri.


Kesimpulan
Beberapa ciri ciri batu ruby di atas dapat anda jadikan patokan utama sebelum membeli. Namun perlu diingat bahwa pengrajin ataupun penjual batu ruby terkadang lebih pintar dari kita. Oleh sebab itu, telitilah sebelum membeli. Jangan lupa untuk melihat ciri-ciri lain yang mungkin dapat membedakan antara batu ruby yang asli dan yang palsu, seperti tekstur dari batu, reaksi terhadap air serta berat. selain itu jika perlu, anda bisa berkonsultasi dahulu kepada kolektor batu akik yang terpercaya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui Ciri Ciri Batu Ruby Yang Asli