Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mudah Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa setengah dari semua wanita di dunia akan mengalami osteoporosis pada usia 60 tahun. Satu dari lima wanita akan mengalami patah tulang pada pinggul di masa hidupnya dan 50 persen dari mereka tidak pernah berjalan lagi. Pria pun mengalami hal yang sama, dimana 30 persen dari osteoporosis terjadi pada pria dan 50 persen dari pria juga menderita patah tulang pinggul yang mana pada umumnya mereka meninggal dalam waktu satu tahun. Sedangkan osteoporosis sendiri tidak berubah-ubah sejak seratus tahun yang lalu. Oleh sebab itu, cara mudah mencegah osteoporosis yang terbaik adalah mengubah pola hidup dan beberapa diantaranya dapat anda ketahui pada pembahasan berikut ini.


Cara Mudah Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

{1.} Hentikan Mengonsumsi Minuman Ringan
Minuman berkarbonasi, termasuk minuman ringan memiliki kemampuan untuk menyerap kalsium dari tulang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard disebutkan bahwa setengah dari wanita pada umur 16 hingga 20 tahun telah menunjukkan kehilangan tulang akibat konsumsi berlebih minuman ringan. Bahkan penelitian lainnya disebutkan bahwa minuman berkarbonasi memiliki sifat fosfat berlebih, yang mana dapat menyebabkan hilangnya kalsium.

{2.}  Jaga Tingkat Keasaman Pada Perut
Acid atau zat asam biasanya dicegah oleh obat-obatan seperti nexium, prevacid, protonix, zantac dan tagamet yang biasa digunakan pada penderita sakit maag dan hernia hiatus. Namun sebelumnya perlu kita tahu, asam lambung diperlukan untuk menyerap mineral, seperti magnesium, kalsium dan seng. Selain itu, asam lambung juga dapat secara signifikan menurunkan risiko osteoporosis. Oleh sebab itu, jaga perut tetap memiiki tingkat keasaman yang normal dengan menghindari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan lambung.

{3.} Hindari Kafein
Tahukan anda bahwa secangkir kopi yang kita minum dapat menyebabkan 150mg kalsium menghilang dari tubuh anda. Mengonsumsi kopi tanpa kafein pun tidak akan banyak membantu, karena bahan kimia lainnya di dalam kopi dapat menyebabkan terganggunya proses detoksifikasi. Oleh sebab itu, cara terbaik adalah mengganti kopi dengan teh tanpa kafein. Namun jika masih tidak bisa, imbangi konsumsi kopi dengan asupan kalsium.

{4.} Konsumsi Cukup Vitamin D
Vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium pada makanan dan memasukkannya ke dalam tulang. Selain itu, vitamin D juga memiliki peran terhadap modulasi kekebalan sistem, depresi dan gangguan autoimun. Salah satu cara untuk mendapatkan vitamin D yang cukup adalah dengan mandi matahari pada pagi atau sore hari. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin D sebanyak 400 hingga 800 IU.

{5.} Konsumsi Kalsium
Tidak dapat dipungkiri bahwa kalsium adalah senyawa yang paling berpengaruh terhadap kesehatan tulang, termasuk mencegah penyakit osteoporosis datang. Oleh sebab itu, berusahalah untuk rutin mengonsumsi kalsium, misalnya dengan rajin meminum susu sapi dan olahan dari susu itu sendiri, seperti yogurt dan keju.


Kesimpulan
Beberapa cara mudah mencegah osteoporosis di atas sebaiknya anda terapkan setiap hari sebagai pola hidup sehat. Jangan menyangka bahwa kita tidak akan terkena masalah tulang, karena bagaimana pun juga tubuh akan melemah seiring waktu dan tulang termasuk di dalamnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mencegah Osteoporosis Sejak Dini