Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengobati Sakit Kepala dan Migrain Dengan Cepat

Sakit kepala, termasuk migrain merupakan penyakit umum yang dapat menyerang siapa saja. Pada umumnya sakit kepala disebabkan oleh banyak hal, sehingga diagnosanya bisa jadi sangat luas. Sedangkan untuk migrain, biasanya penyakit ini merupakan bentuk yang sama dengan sakit kepala, namun hanya menyerang salah satu bagian saja. Untuk mengatasi kedua penyakit ini, Anda dapat mencoba menerapkan beberapa cara mengobati sakit kepala dan migrain dengan cepat pada pembahasan di bawah.

cara mengobati sakit kepala dan migrain

Cara Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

{1.} Minyak Lavender
Lavender bukan hanya memiliki aroma yang dapat dijadikan aromaterapi, namun juga memiliki kandungan yang dapat berguna untuk mengobati sakit kepala dan migrain. Anda bisa membeli lavender yang sudah diolah menjadi minyak, setelah itu oleskan minyak tersebut ke area kepala yang bermasalah. Anda juga bisa mencampurkan dua hingga empat tetes minyak lavender ke dalam tiga cangkir air mendidih. Aduk hingga rata, lalu hirup aromanya.

{2.} Minyak Peppermint
Selain ekstrak lavender, ternyata minyak peppermint juga dapat dijadikan cara mengobati sakit kepala dan migrain yang cepat dan efektif. Kandungan vao-constricting pada minyak beraroma segar ini ternyata dapat membantu meningkatkan kontrol aliran darah pada tubuh. Anda hanya perlu mengoleskan minyak peppermint ke area kepala. Selain itu, anda juga bisa menghirup aromanya untuk membuka sinus, sehingga akan lebih banyak oksigen yang masuk.

{3.} Perbaikan Pola Makan
Cara lainnya untuk mengobati sakit kepala serta sakit kepala sebelah adalah dengan mengubah pola diet anda. Ada beberapa jenis makanan yang harus anda hindari karena sifatnya yang dapat meningkatkan keparahan sakit kepala, seperti susu, selai kacang, coklat, bawang, daging bernitrat, kandungan monosodium glutamat (MSG), tyramine, asam amino (biasa ada pada anggur merah) dan beberapa jenis buah (pisang, jeruk dan alpukat). Dengan sementara menghindari sumber-sumber sakit kepala di atas, anda bisa mempercepat proses penyembuhan.

{4.} Memijat
Sakit kepala dan migrain tentunya sangat menyakitkan, sehingga dapat mempengaruhi kegiatan anda. Untuk itu, selama proses penyembuhan, anda bisa melakukan pijatan-pijatan untuk mengurangi rasa sakitnya. Seorang peneliti dari Brazil pernah mengatakan bahwa memijat bagian saraf oksipital besar (bagian belakang kepala) dapat mengurangi rasa sakit akibat migrain. Jika anda merasa takut untuk memijat, Anda bisa datang kepada ahli refleksologi untuk memijat bagian titik tangan dan kaki yang terhubung dengan kepala.

{5.} Soba
Soba disini bukanlah mie yang terkenal di Jepang, namun serupa bebijian yang dihasilkan oleh tanaman. Kandungan flavonoid yang terdapat pada soba dapat dijadikan fitokimia yang mampu memberikan efek antioksidan sekaligus melawan kerusakan sel. Bahkan para peneliti di Taiwan menyebutkan bahwa efek flavonoid pada soba dapat menyembuhkan peradangan yang menjadi salah satu penyebab umum timbulnya sakit kepala.


Kesimpulan
Banyak kegiatan yang bisa terbengkalai dikarenakan kepala yang terserang rasa sakit. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk anda segera menerapkan beberapa cara mengobati sakit kepala dan migrain di atas. Namun begitu, cara-cara di atas tidak sepenuhnya dapat berhasil dengan cepat. Konsultasikanlah kepada dokter anda jika sakit tidak kunjung sembuh untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Sakit Kepala dan Migrain Dengan Cepat