Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengobati Malaria Secara Alami dan Tradisional

Malaria merupakan penyakit yang awal mulanya diakibatkan oleh infeksi. Tanda kemunculannya akan diketahui ketika terjadi kolonisasi sel darah merah yang terdapat pada tubuh oleh parasit yang bernama plasmodium. Parasit ini hadir dan dibawa oleh nyamuk Anopheles betina dan dapat menular ke dalam darah ketika nyamuk mengigit kulit manusia. Penyakit malaria tersebar secara luas bersamaan dengan perkembangbiakan nyamuk Anopheles di daerah beriklim tropis dan sub tropis. Untuk mengatasi penyakit ini, anda dapat menerapkan beberapa cara mengobati malaria secara alami pada pembahasan di bawah.


Cara Mengobati Malaria Secara Alami

{1.} Kompres Dingin
Kompres dingin dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil. Hal tersebut tentunya dapat membuat demam akibat penyakit malaria dapat ditekan semaksimal mungkin. Untuk penerapannya, anda hanya perlu merendam kain atau handuk di air dingin. Selanjutnya letakkan di area tubuh anda, seperti di dahi, tangan, ataupun kaki. Diamkan setidaknya sepuluh menit dan lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari, terlebih ketika suhu tubuh sedang meningkat.

{2.} Minum Air Hangat
Selain kompres dingin, cara mengobati malaria secara alami juga bisa dengan mengonsumsi air hangat untuk mempercepat penyembuhan tubuh dari malaria. Selain itu, mengonsumsi air hangat setiap siang hari juga dapat membersihkan sistem usus, sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

{3.} Daun Basil
Daun basil atau lebih dikenal dengan nama daun kemangi suci memiliki manfaat yang besar untuk menurunkan demam. Kandungan flavonoid, yaitu orientin dan civenin yang terdapat pada kemangi suci juga dapat melindungi sel-sel darah dari kerusakan. Lebih dari itu, daun basil juga ternyata diteliti memiliki berbagai kandungan minyak, seperti estragole, cineol dan linalool yang dapat melawan bakteri. Semua khasiat tersebut mampu secara efektif mengurangi gejala-gejala malaria.

Untuk pengolahannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu merebus daun kemangi suci, bubuk lada hitam atau bubuk kapulaga, gula dan setengah liter air. Nantinya air rebusan tersebut bisa anda konsumsi secara konsisten untuk menurunkan suhu tubuh.

{4.} Kayu Manis
Selanjutnya yang dapat anda buat di rumah adalah ramuan kayu manis. Perlu anda ketahui terlebih dahulu, kandungan cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis memiliki sifat anti-spasmodik dan anti-inflamasi yang dengannya dapat mengurangi gejala akibat malaria, seperti mual, kram, kehilangan nafsu makan dan kejang. Anda hanya perlu mengonsumsi 1 sdt kayu manis yang sebelumnya sudah direbus dengan air serta ditambah sedikit madu dan lada hitam.

{5.} Jeruk Bali
Jeruk bali yang sudah diekstrak memiliki kandungan alami yang bernama zat kina. Zat tersebutlah yang secara efektif dapat menyembuhkan malaria. Untuk mengolahnya, anda dapat merebus seperempat pulp jeruk bali. Selanjutnya konsumsi air rebusan tersebut sebanyak dua kali sehari dengan dibarengi pengobatan normal.

{6.} Lemon
Cara mengobati malaria secara alami yang terakhir pada daftar ini adalah dengan mengolah lemon. Buah lemon mengandung zat yang dapat dengan efektif mengurangi demam akibat malaria quartan. Anda hanya perlu mencampurkan jus lemon dengan 60ml air dan 3 gram kapur. Konsumsi ketika demam menyerang.


Kesimpulan
Beberapa cara mengobati penyakit malaria secara alami di atas mungkin tidak sepenuhnya dapat mempercepat penyembuhan. Masih ada banyak cara lainnya yang dapat anda terapkan. Namun yang pasti, konsultasikanlah dahulu kepada dokter yang berkompeten, sehingga nantinya pasien dapat didiagnosa penyakitnya dengan baik dan benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Malaria Secara Alami dan Tradisional