Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengobati Kutu Air Di Telapak Kaki Secara Alami

Kutu air dalam bahasa medis disebut tinea pedia, sedangkan dalam bahasa inggris disebut athlete’s foot. Pada umumnya kutu air disebabkan oleh infeksi jamur, yang mana penyebarannya mulai dari kaki hingga ke telapak tangan, pangkal paha dan area tubuh lainnya. Sedangkan infeksinya sendiri bisa karena tubuh yang lembab atau hangat, yang mana biasanya tertutup oleh pakaian, seperti kaus kaki, sepatu dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba salah satu dari cara mengobati kutu air secara alami berikut ini.


Cara Mengobati Kutu Air Secara Alami

{1.} Bawang putih
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bawang putih memiliki senyawa ajoene yang dapat dijadikan obat anti jamur alami, sekaligus sebagai agen antibakteri. Anda bisa mengolah satu siung bawang putih dan tiga tetes minyak zaitun dengan cara dihancurkan dan diaduk menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut ke area kutu air selama setengah jam. Lanjutkan dengan mencucinya dengan air dan sabun anti jamur. Anda juga bisa menambahkan dua cengkeh untuk mempercepat proses penyembuhan infeksi jamur.

{2.} Cuka
Cara lainnya yang dapat anda lakukan di rumah adalah dengan mengolah cuka. Nantinya asam dari cuka akan membantu membunuh jamur, sekaligus menurunkan tingkat basa pada kulit, yang mana nantinya akan menghambat pertumbuhan dan persebaran infeksi. Anda bisa merendam bagian yang terkena kutu air pada wadah berisi campuran 1 bagian cuka dengan tiga bagian air hangat.

{3.} Garam
Garam telah dipercaya sejak lama sebagai obat alami kutu air. Fungsi dari garam adalah untuk membantu membunuh jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit. Anda bisa menuangkan satu liter air hangat ke dalam wadah, setelah itu tambahkan 6 sendok teh garam. Aduk dan gunakan air garam tersebut untuk merendam bagian kulit yang terkena kutu air.

{4.} Yogurt
Cara mengobati kutu air yang tidak kalah mudah adalah dengan yogurt. Disini yogurt mengandung kultur bakteri aktif, yang mana sangat efektif untuk memerangi infeksi jamur penyebab kutu air. Anda bisa mengoleskan secara langsung yogurt tanpa rasa dan tanpa gula ke area kutu air. Diamkan hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan menepuknya.

{5.} Kayu manis
Kayu manis memiliki sifat anti jamur dan anti persipirant yang mampu membantu melawan jamur penyebab kutu air. Anda bisa memotong kecil 10 batang kayu manis. Setelah itu masukkan ke dalam wadah berisi 4 cangkir air mendidih. Diamkan selama 45 menit, setelah itu rendam kaki ke dalamnya selama setengah jam.


Kesimpulan
Lima cara mengobati kutu air secara alami di atas dapat anda barengi dengan pengobatan menggunakan bahan kimia, seperti obat tablet atau krim berupa salep. Namun tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Jangan lupa juga untuk memperhatikan penyebarannya dan selalu menjaga kebersihan tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Kutu Air Di Telapak Kaki Secara Alami