Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mengobati Anemia Secara Alami dan Tradisional

Kelelahan secara berlebihan, pingsan tiba-tiba, sesak napas dan memiliki kulit yang pucat merupakan beberapa gejala dari anemia. Penyakit ini pada dasarnya mempengaruhi keadaan jumlah sel-sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Kekurangan jumlah tersebut menyebabkan transfer oksigen ke organ-organ vital tidak berjalan dengan normal. Untuk mengatasi masalah kesehatan yang cukup membahayakan ini, anda dapat mencoba menerapkan beberapa daftar cara mengobati anemia secara alami di bawah.

cara mengobati anemia

Cara Mengobati Anemia Secara Alami

{1.} Zat Besi
Mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung zat besi dapat mengobati anemia secara efisien. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan zat besi di dalam makanan lebih tinggi kadarnya dibandingkan zat besi di dalam bahan lainnya. Anda bisa mendapatkan banyak zat besi pada sayur mayur dengan warna hijau tua.

{2.} Jus Tomat
Dengan secara konsisten mengkonsumsi jus tomat adalah salah satu cara mengobati anemia secara alami. Entah disebut sayur ataupun buah, tomat adalah bahan yang sesuai untuk mengalahkan anemia. Kandungan zat besi, vitamin K, vitamin C dan vitamin A yang terdapat pada tomat merupakan komposisi yang sesuai untuk mempercepat penyembuhan tubuh terhadap anemia.

{3.} Mandi Air Dingin
Mandi dengan air dingin merupakan pengobatan tradisional yang biasa digunakan untuk melawan banyak penyakit, termasuk anemia. Bahkan pasien penderita anemia dianjurkan untuk mandi air dingin sebanyak dua kali sehari. Nantinya air dingin akan membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan produksi sel darah merah.

{4.} Berjemur
Cara tradisional lainnya yang efektif untuk menyembuhkan penyakit anemia adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Anda dapat coba berjemur pada pagi atau sore hari, yang mana sinar yang menerpa tidak terlalu panas. Nantinya terpaan sinar matahari akan membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah. Lakukan cara ini dengan konsisten selama beberapa bulan.

{5.} Apel
Selain tomat, ternyata apel juga bisa dijadikan cara efektif menyembuhkan anemia. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa lebih dari 50 persen wanita dewasa yang mengalami penyakit anemia karena kekurangan zat besi kembali sembuh setelah mengonsumsi sekitar satu hingga dua apel segar setiap hari.

{6.} Kacang Almond
Kacang almond juga mengandung banyak sekali zat besi yang baik untuk penderita anemia. Dalam ratusan gram almond, anda akan mendapatkan hampir tiga setengah miligram zat besi. Anda dapat mengolahnya dengan cara direndam terlebih dahulu dalam mangkuk air hangat. Selanjutnya kupas kulit almond, giling dan rendam untuk dijadikan pasta halus. Setelah itu campurkan olahan kacang almond tersebut ke dalam susu hangat. Konsumsi setiap pagi hari hingga anemia sembuh.


Selain beberapa cara mengobati anemia secara alami di atas, anda juga bisa menggunakan jenis pengobatan lainnya, seperti menggunakan olahan madu dan cuka sari apel ataupun mengonsumsi buah ara. Anda juga bisa menyewa jasa pijat untuk meningkatkan sirkuasi darah dan produksi sel darah merah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengobati Anemia Secara Alami dan Tradisional