Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Menghemat Kuota Internet Android Dengan Mudah

Mungkin kita berpikir bahwa pulsa akan hanya selalu dipakai untuk melakukan panggilan ataupun sms. Namun saat ini, hal tersebut sudah dianggap usang. Sekarang orang-orang lebih banyak menghabiskan pulsa mereka untuk membeli kuota internet dan berkomunikasi dengannya. Oleh sebab itu, jika anda adalah salah satu pengguna smatphone Android, ada baiknya anda menerapkan beberapa cara menghemat kuota internet Android di bawah ini. Fungsinya tentu untuk menekan pengeluaran anda.


Cara Menghemat Kuota Internet Android

{1.} Pilih Paket Internet yang Tepat
Bagi anda yang setiap harinya menggunakan Android untuk berinternet, maka cobalah untuk membeli paket data yang cocok digunakan sehari-hari. Pastikan paket tersebut dapat memenuhi kebutuhan anda. Bahkan jika perlu, cari paket unlimited, yang mana dapat digunakan seharian tanpa takut kehabisan kuota. Bagi anda yang jarang menggunakan paket internet, ada baiknya pilih paket harian dan gunakan jika memang perlu.

{2.} Matikan Penggunaan Data
Ketika anda tidak mengakses internet, misalnya sedang tidur atau berkendara, ada baiknya matikan penggunaan data. Anda bisa menonaktifkannya dengan cara menggulir bagian bar notifikasi. Cara ini juga bisa menekan kemungkinan-kemungkinan pengurangan kuota internet secara otomatis, yang mana biasa dilakukan oleh suatu aplikasi, game ataupun update sistem operasi.

{3.} Atur Penggunaan Kuota
Perangkat Android memiliki fitur yang sama dengan Windows dan iOS dalam masalah ini, yaitu memiliki pengaturan untuk membatasi penggunaan kuota internet. Setidaknya Android versi 4.0 sudah memilikinya secara default. Anda bisa masuk ke bagian pengaturan, lalu klik Data Usage pada opsi di bawah pengaturan Wireless & Network. Selanjutnya anda akan disuguhkan tabel yang menunjukkan grafik penggunaan data internet. Lanjutkan dengan menekan tabel tersebut, lalu gunakan jari untuk mengerakkan garis merah dan oranye untuk mengatur jumlah penggunaan. Nantinya ketika anda telah menggunakan kuota pada batas yang ditentukan, Android secara otomatis akan memberi peringatan.

Catatan: Anda juga bisa menggunakan aplikasi Android untuk melakukan hal di atas, misalnya dengan menggunakan aplikasi My Data Manager.

{4.} Gunakan Jaringan Wi-Fi Semaksimal Mungkin
Selanjutnya cara menghemat kuota internet Android adalah dengan menggunakan Wi-Fi. Jaringan Wi-Fi memungkinkan anda pengguna Android untuk benar-benar menghemat kuota. Anda hanya perlu pergi ke tempat-tempat yang dipasangi Wi-Fi secara gratis. Selanjutnya gunakan kesempatan tersebut untuk mengunduh data-data penting nan besar yang anda butuhkan, sepeti aplikasi dan game. Selain itu, gunakan juga Wi-Fi untuk mengunduh update OS terbaru, sekaligus melakukan update aplikasi yang biasanya membutuhkan kuota yang sangat besar.

{5.} Gunakan Cache dan Preload
Chace dibuat bukan tanpa alasan. Anda dapat menggunakannya untuk membuka halaman atau data yang sebelumnya pernah dibuka secara offline. Tentunya ini sangat menghemat kuota internet Android anda. Selain itu, ada pula preload yang berguna untuk menyimpan jenis konten lain, misalnya video YouTube. semua hal tersebut dapat anda lakukan menggunakan browser mainstream, seperti Opera Mini, Chrome dan Mozilla Firefox.


Kesimpulan
Cara menghemat kuota internet Android di atas tidak akan berhasil jika anda memang adalah jenis orang yang boros. Oleh sebab itu, cobalah untuk merubah pola pemakaian kuota internet anda. Gunakan internet hanya jika benar-benar dibutuhkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghemat Kuota Internet Android Dengan Mudah