Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mengatasi Penyakit Cacingan Dengan Mudah

Cacingan merupakan salah satu masalah pencernaan yang banyak dialami, baik itu oleh anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya untuk mengobatinya dokter akan memberikan salah satu dari beberapa jenis resep umum, seperti pyrvinium, flubendazole dan pirantel. Dosisnya sendiri kemungkinan akan diberi dua hingga tiga dengan perbedaan dua minggu pada setiap dosis berturut-turut. Namun jika anda kurang berminat untuk menggunakan bahan kimia, anda bisa menggunakan beberapa cara alami mengatasi penyakit cacingan pada daftar di bawah ini.


Cara Alami Mengatasi Penyakit Cacingan

{1.} Pepaya
Beberapa bagian pepaya, khususnya biji merupakan obat yang mujarab untuk menghilangkan cacing usus penyebab cacingan. Selain itu, di dalam biji pepaya terkandung senyawa bernama caricin yang secara efektif dapat menghilangkan cacing gelang. Anda bisa mengolah biji pepaya menjadi 1 sdt bubuk, setelah itu campurkan kepada segelas air susu. Lanjutkan dengan mengonsumsinya ketika perut masih kosong.

Selain bijinya, ternyata daun pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk melawan cacingan. Anda bisa membuat infus dengan mengolah 250m air mendidih dan 15 grams daun pepaya kering. Selanjutnya tambahkan sedikit madu untuk menambah kelezatannya. Konsumsi secara teratur hingga cacingan benar-benar sembuh.

{2.} Bawang Putih
Selain pepaya, bawang putih juga ternyata dapat dijadikan cara alami mengatasi penyakit cacingan. Anda bisa mencampurkan tiga siung bawang putih dengan minyak. Hancurkan bawang putih tersebut hingga lembut, setelah itu terapkan kepada kulit anda. Nantinya campuran minyak bawang putih tersebut akan terserap ke dalam darah dengan mudah.

{3.} Kelapa
Kelapa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali sebagai obat rumah yang efektif untuk mengatasi cacingan. Anda bisa mengolah 1 sdm kelapa yang sudah digiling dengan 60ml minyak jarak dan 375ml susu hangat. Diamkan selama tiga jam, setelah itu konsumsi secara teratur.

{4.} Labu
Bukan hanya buah kelapa yang dapat mengobati cacingan, buah labu kuning dan abu-abu juga ternyata dapat secara efektif melawan cacing jahat yang terdapat pada alat pencernaan. Selain itu, labu abu-abu juga dipercaya dapat mempromosikan pertumbuhan jaringan, sekaligus fokus pada melawan cacing pita. Anda dapat membuat labu abu-abu bersama dengan santan. Sedangkan untuk labu kuning, anda dapat membuat infus dengan sedikit menambah kapur.

{5.} Delima
Baik itu kulit, akar maupun batangnya memiliki kandungan yang baik untuk menghancurkan cacing penyebab cacingan. Namun disini, kulit dari delima yang paling efektif untuk digunakan. Anda bisa merebus delima dengan air hingga takarannya mencapai 90 hingga 180ml. Konsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari dengan interval satu jam untuk orang dewasa dan 30 hingga 60ml untuk anak-anak.


Kesimpulan
Cacingan dapat merusak pencernaan kita dengan mudah, sehingga tubuh tidak bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara alami mengatasi penyakit cacingan di atas. Selain lebih mudah, cara-cara tersebut juga lebih aman, karena bebas dari zat-zat kimia yang mungkin berisiko berdampak negatif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengatasi Penyakit Cacingan Dengan Mudah