Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Mencegah Penyakit Stroke Dengan Mudah Sejak Dini

Stroke merupakan salah satu penyakit yang banyak orang takuti. Dalam banyak survey disebutkan bahwa wanita setengah baya dua kali lebih mungkin terkena stroke dibanding laki-laki. Fakta lainnya menunjukkan bahwa penyakit ini lebih banyak diderita oleh mereka pecandu rokok dan minuman keras. Selain itu, penyebab dari penyakit ini juga cukup banyak, bahkan terus berkembang hingga sekarang. Oleh sebabnya, sebelum semua itu terlambat, ada baiknya anda menerapkan beberapa cara mencegah penyakit stroke pada pembahasan di bawah ini.


Cara Mencegah Penyakit Stroke

{1.} Berjalan 20 Menit Setiap Hari
Pekerjaan yang sibuk mungkin membuat anda sulit untuk berolahraga setiap hari. Namun hal tersebut seharusnya bukan alasan untuk memberi waktu setidaknya 20 menit untuk berjalan. Anda juga bisa membaginya menjadi dua sesi dengan waktu 10 menit setiap sesi. Dengan setidaknya anda berjalan dengan total 2 jam setiap minggu, anda sudah melawan risiko terkena stroke hingga mencapai 30 persen. Fakta tersebut didapat dari sebuah survey yang mana dilakukan selama 12 tahun dengan jumlah peserta sebanyak 40.000 wanita. Anda juga bisa meningkatkannya hingga 40 persen dengan berjalan cepat.

{2.} Hindari Depresi
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh 80.000 wanita sebagai pesertanya disebutkan bahwa 29 persen diantara pasien stroke diakibatkan oleh depresi. Hal tersebut mungkin dikaitkan dengan dampak dari depresi itu sendiri, seperti sering merokok, kurang berolahraga, penyakit obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya. Untuk itu, cara mencegah penyakit stroke yang dapat anda lakukan adalah menghindari terjadinya depresi. Anda boleh sedih, namun tidak dengan stres. Anda juga bisa mengikuti program yoga, rutin beribadah, latihan pernafasan dan konsentrasi.

{3.} Tidur Lebih Awal
Ilmuwan dari harvard mengatakan bahwa tidur lebih dari jam 10 dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke hingga mencapai 63 persen. Oleh sebab itu, jika anda ingin terhindar dari stroke dan hidup lebih sehat, ada baiknya anda tidur lebih awal, sekitar jam 7. Bahkan dalam studi lain disebutkan bahwa mereka yang terlalu lelah dan jarang tidur akan memiliki dengkuran yang keras ketika tidur. Hal tersebut berdampak pada peningkatan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke dan diabetes.

{4.} Konsumsi Makanan Sehat
Cara yang terakhir, efektif dan mudah untuk mencegah terkena stroke adalah dengan mulai merubah pola makan menjadi lebih sehat. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak jelas dan mulailah mengonsumsi buah dan sayur. Jangan lupa untuk menggunakan minyak zaitun pada setiap masakan goreng, germis ataupun tumis yang anda buat. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi jenis makanan lainnya, seperti ubi jalar, berbagai jenis unggas, ikan dan susu.


Kesimpulan
Stroke merupakan penyakit yang mematikan, bahkan menjadi salah satu dari penyakit yang berada di peringkat teratas di Indonesia. Oleh sebab itu, keempat cara mencegah penyakit stroke di atas ada baiknya benar-benar anda lakukan. Terlebih jika anda tidak ingin mengganti semua itu dengan obat-obatan kimia dan kasur rumah sakit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Penyakit Stroke Dengan Mudah Sejak Dini