Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Eksim

Eksim adalah suatu kondisi pada kulit yang banyak menyerang orang-orang di segala usia. Pasien yang terkena eksim biasanya mengalami ketidaknyamanan, baik secara fisik maupun mental. Pada dasarnya eksim adalah penyakit yang mana menyebabkan kulit teriritasi dan gatal-gatal. Selain itu, eksim juga bisa menjadi penyakit kronis yang mana iritasinya dapat menyebar dan berpindah dari satu area kulit ke area lainnya. Untuk mengatasi penyakit ini, anda dapat mencoba menerapkan beberapa cara alami mengobati eksim pada pembahasan berikut. 

cara alami mengobati eksim

Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Eksim 

{1.} Konsumsi Makanan Organik 
Untuk mempercepat penyembuhan kulit terhadap eksim, anda harus mengubah pola makan menjadi lebih baik. Diantara yang dapat dilakukan adalah dengan mulai mengonsumsi makanan mentah dan organik, seperti buah dan sayuran hijau. Selain itu, anda juga harus mulai menghindari jenis makanan yang mengandung bahan kimia, lemak jenuh dan pemanis buatan. Selain itu, hindari juga terlalu banyak mengonsumsi kafein, gluten, susu dan daging.  

{2.} Gunakan Minyak Kelapa
Selanjutnya yang dapat anda lakukan di rumah cara mengobati penyakit eksim adalah dengan mengolah minyak kelapa. Minyak esensial yang dihasilkan dari pohon kelapa ini memiliki sifat penyembuh alami, yang mana kandungan zatnya yang sangat langka dapat membantu tubuh melawan berbagai macam bakteri, asam urat hingga membunuh mikroorganisme yang menjadi penyebab munculnya eksim. Anda dapat langsung mengoleskan minyak kelapa ke area kulit yang terkena eksim. 

{3.} Vitamin C Untuk Perawatan
Vitamin C sudah terkenal sejak dahulu kala berkhasiat untuk memelihata serta melindungi kulit dari berbagai macam penyakit, termasuk wabah eksim. Selain itu, subtansi yang terdapat pada vitamin C juga diteliti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga secara langsung dapat melawan infeksi. Lebih dari itu, vitamin C juga memiliki sifat anti-inflamasi, sekaligus melindungi sel-sel tubuh dari stres. Anda dapat mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung vitamin C secara konsisten untuk mempercepat penyembuhan eksim. Diantara makanan tersebut adalah sayuran segar dan buah dengan rasa masam, khususnya jeruk. 

{4.} Menghindari Stres
Eksim bisa menjadi penyakit yang memberi sinyal kepada anda bahwa tubuh dalam keadaan stres dan tertekan. Hal ini berhubungan dengan faktor fisiologis, yang mana terkadang beberapa penyakit, termasuk eksim dapat menjadi salah satu gejala psikosomatiknya. Untuk mengatasi stres, anda dapat mulai melakukan latihan pernafasan, yoga, senam dan tidur teratur. 

{5.} Mandi Dengan Air Garam
Garam ternyata bukan hanya dapat memuluskan kulit, namun juga dapat mengobati kulit yang mengalami peradangan, kemerahan dan gatal-gatal, yang mana merupakan gejala dari eksim. Bahkan, dalam sebuah studi dermatologis disebutkan bahwa mandi dengan air garam sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Untuk menerapkan cara ini, anda hanya perlu merendam tubuh di dalam bak mandi yang sebelumnya sudah diberi beberapa sendok garam dapur. 

Kesimpulan
Eksim merupakan penyakit yang bukan hanya mengganggu secara kesehatan, namun juga penampilan. Oleh sebab itu, sebelum kepercayaan diri anda hilang, sebaiknya anda dapat mencoba secara konsisten beberapa cara alami mengobati eksim di atas. Jika cara-cara tersebut belum berhasil, mungkin anda harus berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Eksim