Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara Alami Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, termasuk di Indonesia. Oleh sebab itu, penanganan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan untuk mencegah pasiennya mengalami kerusakan yang lebih parah, atau bahkan kematian. Selain itu, bagi kita yang tidak terserang penyakit ini, ada baiknya untuk melakukan preventif atau pencegahan. Ada beberapa cara alami mencegah penyakit diabetes. Beberapa diantaranya berhubungan dengan pola resep makanan, yang mana diteliti memiliki dampak besar terhadap penyakit ini.


Cara Alami Mencegah Penyakit Diabetes

{1.} Menghindari Berlebihan Produk Makanan Hewani
Beberapa jenis produk makanan, seperti daging, ikan, unggas dan telur dapat mengganggu metabolisme serta meningkatkan kolesterol jika dikonsumsi secara berlebih. Hal tersebut juga berkaitan dengan makanan turunannya, seperti susu, yogurt, mayones, salad dan keju. Dengan memperbaiki pola konsumsi makanan jenis ini, anda sudah membebaskan tubuh dari terlalu berlebihnya gula darah.

{2.} Menghindari Makanan Tidak Sehat Lainnya
Selain menghilangkan atau mengurangi kandungan hewani dari porsi makan, anda juga harus mengurangi produk-produk makanan yang tidak sehat, seperti kue-kue tinggi gula, minyak, krim salad, cemilan tinggi lemak, makanan yang digoreng dan makanan ringan tinggi gula. Semua makanan tersebut dapat anda ganti dengan makanan sehat dan lezat lainnya, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, makanan yang kaya akan vitamin (buah dan sayur) serta makanan yang kaya akan serat.

{3.} Tingkatkan Asupan Makanan Dengan Kandungan Serat Tinggi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, serat merupakan cara alami mencegah penyakit diabetes yang sangat efektif. Ada banyak kelompok makanan yang sangat kaya akan serat, misalnya saja buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain membuat anda kenyang, serat juga merupakan asupan yang baik untuk memenuhi kadar antioksidan di dalam tubuh. Selain itu, biasanya jenis makanan yang mengandung serat juga akan memiliki sumber nutrisi baik lainnya, sehingga akan mengoptimalkan kesehatan tubuh, bahkan memperpanjang umur. Setidaknya konsumsi 40 gram serat per hari dari makanan nabati untuk mencegah tubuh terserang penyakit diabetes.

{4.} Hindari Makanan Dengan Kadar Glikemik Tinggi
Indeks glikemik yang tinggi diteliti merupakan salah satu penyebab dari meningkatnya gula darah dengan cepat. Ada beberapa jenis makanan yang disinyalir memiliki kadar glikemik yang tinggi. Diantaranya adalah kentang putih, gula, roti putih, gandum dan sereal dengan tekstur paling halus. Sedangkan makanan dengan kadar glikemik rendah meliputi sayuran hijau, beras merah, ubi jalar, barley, kacang polong, buncis dan sebagian besar sayuran lainnya.

{5.} Mengonsumsi Teh
Dalam sebuah studi meta-analisis pada tahun 2012 dengan jumlah peserta sekitar 324.141 orang dihasilkan bahwa minum sebanyak lebih dari 4 cangkir teh setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam penelitian lainnya disebutkan bahwa teh hijau dapat mencegah diabetes dan teh hitam dapat membantu melakukan manajemen kadar gula dalam darah. Tentunya asupan teh tersebut tidak dibarengi dengan gula.


Kesimpulan
Seperti yang kita tahu, diabetes masih menjadi suatu kejadian yang tidak menakutkan bagi masyarakat di Indonesia. Meski begitu, pasiennya ternyata tidaklah sedikit. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk menerapkan beberapa cara alami mencegah penyakit diabetes di atas. Sehingga nantinya kita bisa lebih sehat dan terjaga, bukan hanya dari diabetes, namun juga dari penyakit-penyakit mematikan lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini