Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Cara dan Tips Sukses Waralaba Makanan Bagi Pemula

Waralaba atau franchise adalah salah satu teknik berbisnis yang banyak dilakukan oleh anak-anak muda, namun para pengusaha kawakan pun tidak sedikit yang ikut terjun dan bersaing di dalamnya. Khusus untuk waralaba makanan, anda membutuhkan beberapa ilmu terlebih dahulu sebelum memulainya. Terkadang risiko waralaba makanan lebih besar dibandingkan jenis franchise lainnya, namun keuntungannya pun tidak bisa diragukan. Untuk itu, jika anda saat ini memiliki rencana untuk berbisnis kuliner yang praktis, beberapa tips sukses waralaba makanan di bawah ini mungkin akan sangat membantu.


Cara dan Tips Sukses Waralaba Makanan Bagi Pemula

{1.} Evaluasi Minat dan Bakat
Bisnis waralaba makanan, entah itu makanan rumahan maupun siap saji bukanlah suatu yang mudah. Anda harus bertanya dahulu kepada diri sendiri, apakah waralaba ini akan berhasil? Menarik hati Anda? Apakah anda mampu bekerja berjam-jam, bahkan hingga setiap malam, akhir pekan hingga saat musim liburan? Selain itu, bisnis waralaba terkadang membutuhkan modal yang biasanya lebih besar dibandingkan bisnis rintisan. Jika anda tidak siap mengenai minat serta bakat terhadap bisnis tersebut, maka anda akan rugi sangat besar.

{2.} Meneliti Peluang
Jika anda sudah siap dan memiliki keinginan untuk berwaralaba, maka tips sukses waralaba makanan selanjutnya adalah dengan mencari berkas dokumen waralaba franchisor, modal, laporan keuangan dan tinjauan akuntan. Dengan cara ini, nantinya anda bisa mengenal lebih jauh mengenai franchisor dari perusahaan tempat anda memulai waralaba.

{3.} Mencari Review
Untuk lebih mengenal mengenai calon franchisor makanan anda, ada baiknya untuk anda mencari orang-orang yang sudah lebih dahulu ikut. Dengan begitu anda bisa tahu apa kelebihan, kekurangan serta mudah sulitnya dalam membangun waralaba makanan tersebut.

{4.} Research Pasar
Meskipun ini waralaba dan biasanya anda ditempatkan pada suatu wilayah tertentu, ada baiknya anda melakukan penelitian pangsa pasar sendiri. Dengan begitu anda dapat menekan kerugian dan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Anda juga bisa melihat konsep yang tepat sesuai masyarakat di area tersebut, apakah area tersebut didominasi oleh pelajar, pekerja atau ibu rumah tangga. Selain itu, meneliti pangsa pasar juga bisa membuat anda mengidentifikasi pesaing.

{5.} Biaya, Karyawan dan Sumber Daya
Anda perlu menghitung besaran biaya yang harus dikeluarkan, entah itu modal yang akan dibayarkan pada franchisor maupun biaya harian saat bisnis sudah berjalan. Selain itu, memastikan karyawan memiliki keahlian yang baik juga penting. Meskipun kebanyakan franchisor menyediakan karyawan untuk membantuk snda, tetap saja anda harus menyeleksi Mereka.

Anda juga harus memperhatikan mengenai sumber daya. Karena ini bisnis waralaba makanan, bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak harus anda perhatikan saat awal-awal memulai. Anda harus tahu bahwa alat yg diberikan franchisor memang berjalan dengan baik dan diketahui cara penggunaannya oleh semua karyawan.


Kesimpulan
Berbisnis menggunakan teknik waralaba, khususnya untuk usaha makanan memang sangat menjanjikan. Kita tentu sering melihat di tempat-tepat perbelanjaan, dimana banyak pengusaha franchise yang menjual permen, es krim, roti dan lain sebagainya sukses dengan raupan laba dan pembeli yang besar. Namun begitu, kesuksesan Mereka tentu bukan tanpa alasan. Jika anda ingin seperti Mereka, anda harus berusaha dan mulai menerapkan beberapa tips sukses waralaba makanan pada pembahasan di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara dan Tips Sukses Waralaba Makanan Bagi Pemula