Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Mudah Merawat Sepatu Agar Tidak Mudah Rusak

Jika anda ingin tampil gaya dan fasionable saat bepergian, maka sepatu adalah salah satu yang harus anda perhatikan. Meskipun letaknya berada di bawah kaki, namun sepatu tetap memberikan ciri tersendiri terhadap gaya busana yang anda kenakan. Oleh sebab itu, anda memerlukan ilmu mengenai produk fashion yang satu ini. Salah satunya adalah dengan mengetahui beberapa tips merawat sepatu yang akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini. 

tips mudah merawat sepatu

Tips Mudah Merawat Sepatu

{1.} Atur lemari anda untuk memberikan ruang khusus untuk menyimpan semua sepatu. Jika tidak ada lemari, anda dapat menyiapkan rak yang bersih dan nyaman untuk menyimpan semua sepatu tersebut. Namun jika masih tidak ada, gunakan saja lantai yang bersih. 

{2.} Jangan menumpuk sepatu di atas sepatu. Hal tersebut bukan hanya dapat membuat antara sepatu yang satu dan yang lainnya bergesekan, namun juga dapat meninggalkan kotoran, noda ataupun tanda pada salah satu sepatu tersebut. 

{3.} Jangan menggunakan sepatu sebagai tempat untuk duduk beristirahat. Hal tersebut dapat membuat sepatu anda rusak. Bahkan bagian solnya dapat mengelupas dengan mudah. 

{4.} Jika anda memiliki sepatu khusus yang jarang dipakai dengan harga yang cukup mahal, cobalah untuk menggunakan jas atau tas khusus sepatu untuk menjaganya dari kotoran dan debu. Selain itu, cobalah untuk memasukkannya ketempat atau kotak khusus yang berbeda dari sepatu-sepatu lainnya. 

{5.} Bersihkan dan atau semir sepatu anda secara teratur. Anda dapat melakukannya sendiri dengan menyiapkan peralatan khusus, seperti sikat dan semir. Jika tidak punya waktu, anda dapat meminta kepada tukang atapun toko khusus laundry sepatu. 

{6.} Selanjutnya adalah pintar-pintar memilih rute jalan. Hindari melangkah di jalan-jalan yang terdapat genangan air kotor, lumpur dan rumput yang basah. Dengan cara tips mudah merawat sepatu ini, anda telah membuat sepatu terhindar dari kerusakan, sehingga sepatu akan lebih tahan lama. 

{7.} Jangan menggunakan sepatu jika anda sedang tidak perlu. Gunakanlah alas kaki lain, seperti sendal jika memang dapat digunakan, misalnya untuk pergi ke tempat perbelanjaan atau taman sekitar. Jika anda terlalu sering menggunakan sepatu, maka sepatu akan cepat haus dan rusak, sehingga umur sepatu tidak akan bertahan lama. 

{8.} Jangan pinjamkan sepatu anda kepada orang yang memang jorok dalam menjaga barang-barangnya, kecuali jika memang benar-benar terdesak. Biasanya mereka cenderung tidak berhati-hati ketika menggunakan sepatu milik orang lain. 

{9.} Jangan berjalan pada bagian tumit sepatu. Hal tersebut dapaat membuat bagian sol menjadi mudah rusak. Cobalah untuk berjalan pada bagian seluruh alas secara seimbang, mulai dari depan hingga belakang dan tanpa digesekkan ke jalan. 

{10.} Pisahkan setiap sepatu sesuai kegunaan. Ketika anda melakukan tugas-tugas yang kotor, maka gunakanlah sepatu tua yang sudah jarang dipakai. Jika ingin lari pagi, maka gunakanlah sepatu khusus berlari dan jenis-jenis sepatu lainnya pun harus digunakan sesuai fungsinya. 

Baca juga cara membersihkan jaket kulit 

Kesimpulan 
Seperti yang disebutkan sebelumnya, sepatu adalah salah satu produk busana yang paling penting, entah itu bagi perempuan maupun pria. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya tips mudah merawat sepatu agar tidak rusak di atas anda terapkan pada kehidupan sehari-hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mudah Merawat Sepatu Agar Tidak Mudah Rusak