Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Merawat Rem Mobil Agar Berfungsi Dengan Baik

Rem adalah salah satu komponen terpenting yang ada pada kendaraan mobil anda. Mesin ini dapat menghentikan laju kendaraan kita meskipun dalam keadaan cepat, sehingga mampu dijadikan alat kendaraan yang aman di jalanan. Selain itu, rem juga bertugas untuk menjaga kestabilan mobil yang melaju cepat maupun lambat. Oleh sebab itu, pentinglah bagi kita untuk selalu menjaga rem tetap pada keadaan yang normal dan untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa tips merawat rem mobil di bawah ini.


Tips Merawat Rem Mobil Supaya Berfungsi Dengan Baik

Periksa Rem Anda
Lakukanlah pemeriksaan rem secara berkala pada kendaraan mobil anda untuk menjaga rem tetap berfungsi dengan baik. Banyak yang merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan setidaknya satu tahun sekali dan hitungan waktu tersebut mulai dari pertama anda membeli mobil. Pemeriksaan sendiri harus mencakup semua komponen rem, mulai dari rem pad, tingkat cairan pada rem, ketebalan rotor, kondisi selang serta garis pada rem, lampu rem dan lampu peringatan pada dashbord.

Bantalan rem atau rem pad adalah salah satu komponen rem yang bekerja bersama rotor untuk membantu mobil berhenti. Nantinya bantalan rem ini dapat menciptakan gaya gesekan, sehingga kendaraan akan berkenti berangsur-angsur.

Melakukan penggantian pada rem pad adalah salah satu bentuk dari perawatan mobil yang normal. Ada banyak alasan mengapa anda harus mengganti bantalan rem ini. Biasanya bantalan rem dapat dilihat secara langsung tanpa harus membuka ban, namun tidak sedikit kendaraan yang bannya harus dibuka terlebih dahulu.

{1.} Jika padding pada bantalan rem hanya memiliki ukuran 1/8 atau kurang dari itu, maka anda harus benar-benar menggantinya.
{2} Piringan rotor harus dalam keadaan mengkilap dan biasanya memiliki pola garis-garis. Ketika rotor memiliki bintik-bintik yang kasar, mungkin anda memerlukan rotor yang baru.
{3.} Periksa debu rem atau break dust. Biasanya debu rem terdapat pada bagian sekitar ban depan. Jika debu rem tiba-tiba menghilang, maka itu adalah pertanda bahwa rem anda sudah usang dan benar-benar harus diganti.
{4.} Alasan lainnya yang dapat menjadi indikator bahwa anda harus mengganti rem mobil adalah munculnya suara melengking dari logam ketiga anda sedang melakukan pengereman.
{5.} Jika mobil anda terasa bergoyang ataupun tertarik pada satu sisi ketika sedang menginjak rem, maka itu pun adalah tanpa bahwa anda harus memeriksa keadaan rem.

Periksa Minyak Rem
Tips merawat rem mobil selanjutnya adalah dengan memeriksa keadaan minyak rem. Biasanya minyak rem terbuat secara khusus dari cairan hidrolik yang berfungsi untuk meningkatkan performa dan kelancaran sistem rem mobil anda. Selain itu, minyak rem juga berfungsi untuk menyerap panas ketika rem menciptakan gaya gesekan. Lakukan cek berkala keadaan minyak rem pada mobil anda secara manual. Jangan lupa untuk selalu menyediakan cairan hidrolik jika sewaktu-waktu keadaan rem anda benar-benar kering.

Tanda-tanda Rem Bermasalah
Selanjutnya yang harus anda tahu adalah mengenali tanda-tanda masalah pada rem, sehingga anda bisa lebih waspada ketika berkendara.

{1.} Lampu peringatan menyala (termasuk peringatan ABS).
{2.} Muncul suara yang tidak biasa saat menerapkan rem.
{3.} Pedal rem terasa lunak ataupun keras.


Kesimpulan
Rem adalah alat yang penting pada mobil, oleh sebab itu tips merawat rem mobil agar berfungsi dengan baik di atas tidak boleh anda abaikan. Ada banyak orang di jalanan yang mengalami kecelakaan hanya karena malas memeriksa, merawat dan mengganti komponen rem, tentunya anda tidak ingin menjadi salah satu dari mereka.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Rem Mobil Agar Berfungsi Dengan Baik