Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Merawat Mesin Motor Agar Tetap Bertenaga

Memelihara mesin sepeda motor adalah kunci utama agar motor memiliki performa yang baik dalam jangka waktu yang lama. Biasanya akan ada berkas-berkas khusus yang dicatat oleh pabrikan untuk merekomendasikan pemeliharaan yang harus dilakukan oleh pemilik motor tersebut. Dengan begitu nantinya pengguna akan lebih mudah menebak bagian-bagian mana yang harus dan yang tidak perlu dikerjakan. Untuk lebih mengenal mengenai perawatan mesin, ada baiknya anda mencermati beberapa tips merawat mesin motor berikut ini.


Tips Merawat Mesin Motor Agar Tetap Bertenaga

{1.} Oli Mesin
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjaga performa mesin motor tetap bandel dan bertenaga adalah dengan mengganti oli mesin dngan interval 6 bulan sekali atau 3.000 mil sekali. Fungsi yang paling utama dari sebuah oli mesin motor adalah sebagai pelumas. Minyak mampu membantu pergerakan mesin menjadi tidak bising lagi, membuat mesin lebih dingin dan menjadi segel untuk piston. Dengan mengganti minyak secara teratur, anda telah menjaganya tetap berfungsi dengan baik.

Keadaan minyak pada setiap sela mesin tidak boleh terlalu tebal, karena itu bisa menghambat pergerakan putaran mesin. Secara bersamaan, keadaan oli mesin atau minyak tersebut juga tidak boleh terlalu tipis, karena dapat memisahkan bagian-bagian dari komponen mesin. Selain itu, anda juga harus pandai memilih oli mesin. Cobalah untuk berkonsultasi kepada ahlinya untuk bisa mendapatkan oli mesin yang sesuai dengan jenis motor anda.

{2.} Bahan Bakar
Jenis bahan bakar yang anda gunakan pada sepeda motor akan sangat berpengaruh terhadap keadaan mesin saat beroprasi. Biasanya mesin yang performanya melemah harus diimbangi dengan kualitas bahan bakar yang lebih tinggi dari biasanya. 

Namun tetap ingat untuk menggunakan bahan bakar yang sudah direkomendasikan oleh produsen motor tersebut. Pasalnya kinerja serta umur motor yang panjang tidak ditentukan oleh peningkatan oktan. Anda harus rela mengeluarkan uang lebih dalam masalah bahan bakar ini jika tidak ingin terus-menerus melakukan perbaikan mesin.

{3.} Cairan
Cairan atau fluids sepeda motor harus berpedoman pada kebijakan produsen atau penjual motor tersebut, terlebih jika sepeda motor anda memang masih masuk masa garansi. Ketika anda menggunakan cairan yang salah, misalnya menggunakan cairan mobil, maka garansi dapat dibatalkan. Anda dapat mengganti fluids di tempat dealer atau tempat anda membeli motor tersebut.

{4.} Rantai
Tips merawat mesin motor yang lainnya adalah dengan memeriksa keadaan rantai. Lakukan pemeriksaan visual terhadap rantai sebanyak dua kali dalam sebulan atau sekitar 500 hingga 700 mil jika anda jarang bepergian jauh. Fungsi rantai sendiri adalah untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang motor. Anda harus rajin melakukan pembersihan rantai motor jika tidak ingin terjadi kerusakan serius saat berkendara.


Kesimpulan
Pada dasarnya masih ada banyak komponen mesin yang harus dijaga dan dirawat. Beberapa tips merawat mesin motor agar tetap bertenaga di atas hanyalah untuk bagian-bagian yang memang mendasar dan sangat penting. Tentunya anda tidak boleh melupakan komponen mesin lainnya yang mungkin dapat mengurangi performa jika tidak dirawat dengan baik, misalnya saja plug spark dan air filter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Mesin Motor Agar Tetap Bertenaga