Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Prima

Aki adalah salah satu komponen penting yang terdapat pada mobil anda. Fungsinya adalah sebagai sumber listrik yang terhubung menggunakan kabel dengan komponen mobil lainnya. Aki juga bisa kita sebut dengan baterai, karena fungsi dan tujuannya sama. Namun begitu, aki berbeda dengan baterai-baterai biasanya. Alat ini berbentuk kotak dengan cairan khusus di dalamnya. Melihat betapa pentingnya aki mobil, anda sebagai pemilik ataupun pengguna harus menjaga aki tetap berjalan dengan baik. Beberapa cara tersebut dapat anda ketahui pada artikel mengenai tips merawat aki mobil berikut ini.

tips merawat aki mobil

Tips Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Prima

{1.} Pergi ke toko onderdil mobil, lalu beli beberapa terminal aki atau baterai. Dengan cara ini, anda dapat mengganti secara berkala terminal, sehingga korosi dapat dicegah. Biasanya terminal juga dilengkapi dengan baterai baru. Akan lebih baik lagi jika anda membeli beberapa semprotan khusus untuk mencegah korosi aki.

{2.} Cara merawat aki mobil lainnya adalah dengan cara melepas karet atau plastik yang menutupi terminal aki. Biasanya karet tersebut berada di sisi kabel baut.

{3.} Setelah dilepas, cobalah lihat sekitar terminal aki jika anda melihat bubuk korosi yang berwarna putih atau biru di berbagai tempat atau bagian aki. Jika ada, maka itu bisa menjadi ciri bahwa aki anda bermasalah dan mulai kropos. Jika tidak ada, maka anda dapat memasang karet atau plastiknya kembali.

{4.} Jika terdapat bubuk korosi, maka anda memiliki pekerjaan tambahan. Anda harus mengambil kedua terminal pada aki menggunakan kunci socket. Pastikan anda mengambil kabel hitam (negatif) terlebih dahulu, barulah cabut bagian sumbu positifnya (merah). Lanjutkan dengan memperhatikan apakah ada bagian-bagian yang rusak atau tidak.

{5.} Korosi dapat dihilangkan dengan membersihkannya menggunakan sikat kawat. Biasanya komponen aki yang terkena korosi adalah kabel, baut dan terminal itu sendiri. Anda dapat mengikis korosinya secara perlahan hingga semua serbuk terkikis. Selain itu, biasanya korosi juga terjadi pada komponen yang lebih rinci lagi. Oleh sebab itu, jangan segan untuk membuka isolasi karet serta menggunakan air mendidih untuk menuangkannya di atas bagian-bagian yang terkena korosi. Anda juga dapat menggunakan baking soda yang dicampur dengan air, nantinya baking soda berguna untuk menetralkan asam yang menjadi penyebab korosi. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan air dingin.

{6.} Selanjutnya adalah memasang komponen. Setelah semua bagian dirasa telah bersih, anda dapat memasang kembali komponen kabel ke terminal aki secara berurutan. Jangan terlalu mengencangkan strip kabel, namun tetap membuatnya kuat dan tidak mudah lepas. Pasang kutub positif (merah) terlebih dahulu, setelah itu pasang kabel hitam (negatif).


Kesimpulan
Beberapa tips merawat aki mobil supaya tetap prima di atas mungkin masih belum cukup untuk anda dapat membuat aki memiliki umur yang lebih panjang lagi. Beberapa kerusakan pada aki biasanya membuat anda harus membeli yang baru. Namun begitu, cara di atas setidaknya dapat anda jadikan buku saku, terlebih yang terpenting dari itu semua adalah keselamatan, karena aki disini mengandung arus listrik yang mungkin berbahaya jika tersentuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Aki Mobil Supaya Tetap Prima