Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Mengeringkan dan Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air

Mungkin ketika anda ke kamar mandi atau sedang mencuci tangan tidak sengaja menjatuhkan smartphone, sehingga secara tidak langsung membuat smartphone tersebut terkena air. Tentunya hal itu bisa membuat kita kaget ataupun bingung. Terlebih jika smartphone langsung berubah mati dan sulit dihidupkan. Oleh sebabnya, jika anda memiliki perangkat komunikasi dan ingin melindunginya, mengetahui tips mengatasi smartphone terkana air di bawah ini mungkin akan sangat-sangat membantu.


Tips Mengeringkan dan Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air

{1.} Matikan Smartphone
Segera setelah ponsel anda basah, ambil dan matikan. Ini adalah langkah pertama yang paling penting. Anda harus memotong jalur listrik sebelum air masuk ke sela-sela sirkuit. Setelah melakukan cara ini, anda dapat mulai membersihkan smartphone menggunakan handuk kertas ataupun tisu toilet, hingga air pada bagian luar benar-benar kering.

{2.} Jangan Sambungkan Dengan Apapun
Cobalah untuk membongkar smartphone anda dan ambil kartu SIM serta baterai. Lanjutkan dengan mengeringkan komponen-komponen yang anda lepaskan tersebut. Simpan smartphone di handuk yang bebas serat, bahkan jika perlu gunakan gel silika untuk membantu bagian dalam smartphone menjadi kering.

{3.} Jangan Sentuh Terlalu Dalam
Selanjutnya adalah jangan terlalu banyak mengotak-atik bagian dalam perangkat. Jangan membongkar smartphone jika anda tidak tahu bagaimana caranya. Anda tentunya tidak ingin garansi hilang atau membuat sistem menjadi bertambah rusak. Anda dapat menyewa seorang profesional untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, anda mungkin harus menunggu sekitar 72 jam untuk kembali mengaktifkan smartphone tersebut.

{4.} Merendam Smartphone di Dalam Beras
Ada banyak penelitian mengenai bagaimana cara dan tips mengeringkan smartphone yang terkena air. Salah satu metode yang didapat adalah dengan merendam smartphone ke dalam wadah berisi beras. Hal tersebut dikarenakan sifat beras yang mampu menyerap air. Sehingga nantinya air yang melekat pada smartphone akan lebih cepat kering dibandingkan didiamkan saja di tempat terbuka.

Selain menggunakan beras, ada pula cara-cara lainnya yang dapat anda gunakan. Beberapa diantaranya dapat berguna secara maksimal, namun sebagian lainnya mungkin butuh waktu yang lebih lama lagi. Misalnya saja menggunakan gel silika, pengering rambut dan vacum.

{5.} Lakukan Percobaan
Setelah melakukan berbagai cara di atas dan menunggu smartphone beberapa hari, anda dapat memasukkan baterai dan menghidupkannya. Lakukan pengecekan program-program dengan menggunakan aplikasi yang tersedia, misalnya saja memutar musik, mengecek speaker dan melihat respon layar sentuh.

Jika smartphone anda tidak dapat dihidupkan, cobalah untuk mengisi dayanya, karena bisa jadi energi baterai sudah habis. Namun jika masih belum bisa, kemungkinan besar baterai mengalami kerusakan.


Kesimpulan
Dengan melakukan tips mengatasi smartphone terkena air di atas, berarti anda sudah berusaha untuk menyelamatkan perangkat dari kerusakan yang amat parah. Namun jika pada akhirnya tetap tidak bisa dilakukan sendiri, anda dapat membawanya ke toko khusus merek smartphone tersebut. Jika garansi masih tersedia, kemungkinan akan ada pertolongan gratis yang mereka lakukan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mengeringkan dan Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air