Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Memulai Usaha Bagi Pemuda Menuju Sukses

Bagi sebagian orang, memulai bisnis adalah hal yang cukup menakutkan, terlebih jika orang tersebut masih pemula dan masih muda. Kendala yang dilalui pun tidak sedikit, baik itu usaha kecil maupun besar. Oleh sebabnya, butuh persiapan atau setidaknya sedikit ilmu agar para pemuda nantinya dapat memulai bisnis tanpa ada rasa takut berlebih. Jika saat ini anda adalah salah satu diantaranya, mengenal lebih jauh mengenai tips memulai usaha bagi pemuda di bawah ini mungkin dapat sangat membantu.


Tips Memulai Usaha Bagi Pemuda Menuju Sukses

{1.} Mencari Mentor
Memiliki seorang mentor adalah salah satu bagian terpenting dari tujuan anda menjadi seorang pengusaha yang sukses. Terlebih jika anda memang belum memiliki pengalaman praktis dan ilmu yang belum terasah dengan sempurna. Seorang mentor nantinya bukan hanya membantu anda dalam mengetahui setiap teori yang ada, namun juga akan memandu anda untuk memulai suatu bisnis dari awal.

{2.} Percaya Diri
Percaya diri adalah salah satu dari tips memulai usaha bagi pemuda. Mengenal serta percaya pada kemampuan anda sendiri adalah pokok penting dari keberhasilan suatu bisnis. Keyakinan bahwa anda mampu untuk memulai serta menjalankan usaha adalah modal yang tidak dapat tergantikan. Ketika anda merasa tidak mampu terhadap rintangan yang anda lalui, maka usaha anda akan mudah rapuh. Namun sebaliknya, ketika anda percaya bahwa Anda bisa, maka rintangan sesulit apapun pasti ada jalan keluarnya.

{3.} Membentuk Jaringan
Karena anda adalah pemuda dan pemuda adalah pemula, maka yang harus anda kerjakan bukanlah diam di belakang meja dan menunggu orang lain datang. Anda harus keluar dan mulai menjalin pertemanan dengan banyak orang. Dengan begitu, bisnis yang anda jalani akan mudah berkembang. Akan bermunculan orang-orang yang akan mendukung anda, mulai dari dukungan secara persuasif maupun dukungan yang ril, misalnya saja modal dan investasi.

{4.} Memanfaatkan Media Sosial
Media sosial adalah suatu perantara yang sangat kuat saat ini untuk membangun suatu bisnis. Kita tahu di luar negeri sana dan di dalam negeri sudah sangat banyak pemuda yang berhasil hanya karena mereka sangat pandai membangun network melalui media pertemanan dunia maya. Contohnya saja pendiri Twitter, KasKus, Facebook dan lain sebagainya. Selain itu, dengan membangun brand, merek maupun personal branding melalui internet dan media sosial, anda dapat menjamah lebih banyak orang dengan banyak sudut pandang, mulai dari perbedaan negara, adat, kebiasaan, keinginan dan lain sebagainya.


{5.} Segera Memulai
Tips bisnis yang terakhir untuk anda para pemuda adalah segera memulai. Banyak pemuda saat ini yang selalui bermimpi namun tidak pernah mampu memulai. Mereka berangan tinggi namun malas untuk menginjakkan kaki di tempat yang rendah. Padahal, untuk sampai ke puncak, anda butuh pijakan demi pijakan. Oleh sebab itu, mulailah mencoba dan lakukan apa yang anda bisa sekuat tenaga.

Kesimpulan
Bisnis memang terdengar cukup rumit, terlebih jika yang kita pikirkan adalah bisnis berskala besar, dengan ribuan karyawan dan sebagainya. Namun begitu, dengan anda membaca tips memulai bisnis bagi pemuda menuju sukses di atas, setidaknya anda tahu bahwa siapa saja dapat berbisnis, meskipun hasilnya mungkin berbeda pada setiap individu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memulai Usaha Bagi Pemuda Menuju Sukses