Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Memulai Bisnis Toko Online Bagi Para Pemula

Toko online memiliki kelebihannya sendiri dibandingkan toko fisik. Misalnya saja tidak ada pembayaran sewa bangunan dan jangkauan konsumen yang sangat luas, bahkan hingga ke mancanegara. Namun begitu, memulai bisnis menggunakan toko online bukanlah suatu hal yang mudah. Persiapan yang matang perlu dilakukan jika anda tidak ingin mengalami kerugian. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak beberapa tips memulai bisnis toko online berikut ini.


Tips Memulai Bisnis Toko Online Bagi Para Pemula

{1.} Tentukan apa yang ingin anda jual. Pastikan bahwa produk tersebut mudah dikirim dan tidak rusak atau basi ketika melalui perjalanan lama. Hal ini untuk mengurangi risiko kerugian akibat konsumen dengan jarak tinggal yang jauh dari tempat kita mengirim. Selain itu, pastikan bahwa produk tersebut memiliki banyak peminat. Anda bisa memilih apakah produknya adalah barang musiman atau tidak. Jika musiman, maka jual hanya jika musim itu datang. Misalnya saja produk pakaian koko ketika mulai bulan puasa.

{2.} Siapkan foto dari setiap produk yang anda jual. Pastikan bahwa foto berukuran besar, sehingga dapat dengan mudah dilihat oleh konsumen nantinya. Selain itu, buat foto dengan angle yang berbeda-beda, sehingga konsumen dapat menerka kualitas serta desain dari produk itu sendiri.

{3.} Membuat rencana bisnis, biasanya rencana ada pada halaman depan bisnis toko online anda. Oleh sebab itu, pikirkan matang-matang apa yang akan anda kerjakan kedepannya. Pastikan bahwa rencana tersebut ditulis dalam secarik kertas dalam bentuk poin-poin.

{4.} Beli domain di toko domain yang terpercaya dan sudah memiliki banyak klien. Pastikan nama dari toko online anda tersebut mudah dieja, mudah dihafal dan mencerminkan apa yang anda jual. Selain itu, nama domain yang pendek dan jelas ketika diucapkan lebih diutamakan.

{5.} Pilih layanan hosting yang terpercaya dan sesuai dengan yang anda butuhkan. Untuk tahap awal, gunakan saja paket hosting untuk pemula atau standar. Nanti jika toko online sudah berkembang, anda bisa melakukan upgrade agar website tidak mengalami eror ataupun masalah sekuritas lainnya.

{6.} Anda juga harus melakukan kostumisasi website. Bahkan jika perlu, anda bisa meminta jasa desain dan development website, sehingga nantinya hasil yang didapat sangat baik dan profesional.

{7.} Pilih aplikasi pembayaran, jika produk anda memiliki target mancanegara juga, maka mempersiapkan akun e-commerce sangatlah penting, misalnya saja membuat akun master card, PayPal, Web Money dan lain sebagainya. Namun jika anda masih mengambil pangsa pasar nasional, mempersiapkan kartu ATM lengkap dengan sms m banking dan internet banking sudah lebih dari cukup.

{8.} Terakhir adalah melakukan promosi. Ini adalah salah satu cara memulai bisnis toko online tahap terpenting dalam membangun toko online. anda harus memiliki kemampuan untuk memperkenalkan website toko online tersebut ke banyak orang. Ada beragam cara yang bisa dilakukan, misalnya saja memasang iklan, membuat blog untuk review ataupun melakukan telling markerting menggunakan email kepada para pelanggan tertarget.


Kesimpulan
Beberapa tips memulai bisnis toko online di atas pada dasarnya hanya gambaran umum bagi anda pengusaha ataupun para remaja yang baru ingin terjun ke dunia internet. Pada dasarnya hal yang terpenting dalam membangun toko online adalah tekad untuk tidak menyerah. Karena pasalnya setiap hari bermunculan pesaing-pesaing baru yang tidak kalah mempuni. Jika anda tidak memiliki tekad, maka dengan sangat mudahnya anda akan gagal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memulai Bisnis Toko Online Bagi Para Pemula