Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Langkah dan Tips Memulai Bisnis E-Commerce

Membangun bisnis e-commerce sebenarnya lebih mudah dan murah saat ini dibandingkan dahulu. Namun begitu, tetap saja tidak mudah untuk berhasil dalam sekejap mengalahkan banyak kompetitor. Ada banyak cara untuk membuat e-commerce anda berkembang pesat dengan modal yang sangat ditekan. Beberapa diantaranya dapat anda ketahui pada pembahasan mengenai tips memulai bisnis e-commerce di bawah ini. Tips-tips di bawah ini disadur dari perkataan dan pernyataan Erik Huberman, seorang CEO yang bergerak dipuluhan merek eCommerce besar maupun kecil.


Langkah dan Tips Memulai Bisnis E-Commerce

{1} Menguji Produk Anda
Tidak semua pengusaha atau pebisnis mengakui, bahwa mereka sangat jarang melakukan analisa penjualan produk. Hal tersebutlah yang membuat kebanyakan dari kita gagal dalam membangun bisnis e-commerce. Padahal, menguji suatu produk, apakah layak dijual, memiliki banyak permintaan, diproduksi dengan mudah dan memiliki tempat terbaik adalah sesuatu yang penting. Setidaknya anda bisa melakukan pengujian dalam skala kecil, misalnya dengan bertanya dengan kerabat, apakah produk tersebut memiliki banyak peminat atau tidak.

Anda juga bisa melakukan survey menggunakan sampel produk. Apakah sampel tersebut mudah dijual melalui sistem offline tanpa banyak mengeluarkan keringat atau sebaliknya. Selain itu, anda juga bisa melakukan uji coba social signal, dengan mempromosikan produk melalui situs media sosial.

{2.} Jangan Menganggap Bahwa Konsumen Hanya Tahu Situs Anda
Mungkin anda akan tertawa, tapi ini nyata. Kebanyakan dari kita mengeluh karena tidak ada penjualan. Mereka berfikir bahwa hanya situsnyalah yang dilihat oleh pembeli. Padahal tidak menutup kemungkinan ada puluhan bahkan ratusan situs yang menjual produk yang sama dengan anda.

Oleh sebab itu, ketika anda membangun suatu situs e-commerce, satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah teknik marketing atau promosi. Bagaimana anda menggiring banyak konsumen ke dalam situs, sehingga nantinya bisa dikonversi dalam takaran yang tinggi. Anda dapat menggunakan banyak cara untuk meningkatkan lalu lintas, misalnya dengan beriklan dan SEO.

{3} Mencari Modal
Bisnis e-commerce, khususnya untuk pemula sangat lekat kaitannya dengan yang namanya start up. Oleh sebab itu, masih ada kaitannya dengan investor, modal, permodalan dan skala. Ketika anda ingin membangun e-commerce, maka berusahalah untuk mencari modal, misalnya dengan memberikan CV ke para angle investor. Namun tetap ingat, Anda harus memperhatikan bahwa para investor ingin suatu vision, kemajuan ke depan dan bukan menginginkan anda bertahan saja menjadi sebuah start up dalam titik yang jenuh.

{4} Tidak Menjadi Segalanya Sekaligus
Terkadang anak muda, khususnya mahasiswa memiliki semangat yang tinggi dalam membangun e-commerce. Hal tersebut tentu tidak buruk, namun akan berbeda ceritanya jika semua semangatnya menjadi mesin penghancur dari bisnisnya sendiri. Oleh sebab itu, langkah memulai bisnis e-commerce selanjutnya adalah menahan keinginan untuk meningkatkan jumlah produk. Ketika Anda terlalu menggebu-gebu dalam menambah ini dan itu, maka anda tidak akan fokus.


Kesimpulan
Beberapa langkah tips memulai bisnis e-commerce di atas semoga dapat membuat anda, baik yang muda maupun yang sudah tua untuk bisa membuka mata. Bisnis e-commerce adalah bisnis masa depan yang sangat menguntungkan. Anda yang masih berkutat dengan bisnis offline akan kalah dengan mereka yang menggabungkannya dengan internet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah dan Tips Memulai Bisnis E-Commerce