Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Penting Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

Saat ini sepeda motor sudah bukan lagi barang mewah. Di sepanjang jalan pasti kita menemukan kendaraan roda dua ini. Entah digunakan oleh para mahasiswa ataupun mereka yang sudah bekerja. Penggunaannya yang praktis dengan harga yang terbilang sudah murah membuat kendaraan ini menjadi salah satu hal utama setelah sandang, pangan dan papan.

tips membeli sepeda motor baru

Namun begitu, tidak semua orang pandai untuk membelinya. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa tips membeli sepeda motor baru yang nantinya akan memudahkan anda sebelum memilih. 

Tips Penting Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

{1.} Memutuskan Apa yang Ingin Anda Beli
Sebagai pengendara baru, anda harus memutuskan sepeda motor seperti apa yang ingin anda gunakan. Mungkin ini suatu keputusan yang sulit, oleh karenanya pikirkan matang-matang. Namun begitu, ada beberapa pilihan mudah yang bisa anda coba. Diantaranya adalah memilih ukuran mesin, berat motor dan harga. Jika anda memiliki badan yang tidak terlalu besar, sebaiknya motor pertama yang dipilih berukuran sedang. Motor yang terlalu berat akan sulit untuk ditangani dan bisa menjadi masalah besar ketika anda mengendarainya.

Untuk pemula, sebaiknya cari sepeda motor kelas 150cc atau 250cc. Kedua jenis ini dirasa paling cocok, karena ringan digunakan namun tetap memiliki kekuatan saat berada di jalan menanjak. Selain itu, jika anda sudah benar-benar lihai dalam berkendara dan ingin mencari motor yang lebih bertenaga, tidak ada salahnya untuk memiliki motor sport. Biasanya besar tidaknya suatu motor ditentukan oleh ukuran mesin.

Anda juga harus memilih, apakah motor yang akan dibeli merupakan model matic atau manual. Saat ini kebanyakan pemula membeli motor matic, karena lebih praktis ketika digunakan untuk pergi ke tempat-tempat dekat. Namun jika anda butuh motor yang bertenaga saat di tanjakkan atau anda memang sudah nyaman memainkan gigi, memilih motor manual adalah lebih baik.

{2.} Kunjungi Dealer
Jika anda sudah memilih jenis motor apa yang akan dibeli, sekarang saatnya pergi ke dealer khusus sepeda motor. Dengan melihat sepeda motor secara langsung bisa mempengaruhi keputusan anda dibandingkan hanya melihat brosur. Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi dengan salesman untuk mengetahui spesifikasi motor yang anda pilih secara rinci. Pastikan anda benar-benar memilih motor yang 100 persen merupakan pilihan terbaik.

{3.} Lakukan Test
Terakhir adalah tips membeli sepeda motor baru dengan melakukan test. Jika saat membeli mobil, biasa kita mengenal yang namanya test drive. Tidak jauh berbeda dengan itu, ketika anda ingin membeli motor, anda bisa melakukan test ride. Fungsinya untuk mengetahui kenyamanan dan performa pada motor tersebut. Jika anda memilih motor manual, cobalah untuk mencoba semua gigi dengan kecepatan yang bervariasi. Jika sudah benar-benar cocok, anda bisa langsung melakukan pembayaran.


Kesimpulan
Meskipun saat ini motor sangat umum dan hampir semua keluaran terbaru merupakan jenis motor yang nyaman dikendarai di jalan-jalan Indonesia, tetap saja memilihnya secara serius adalah hal yang penting. Oleh sebab itu, sedikit tips membeli sepeda motor baru di atas sebaiknya anda terapkan dengan baik dan benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Penting Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru