Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Aman Saat Berkendara Demi Menjaga Keselamatan

Keselamatan berkendara adalah faktor utama yang harus diperhatikan dan disiapkan oleh seorang driver atau pengendara, baik itu mobil, sepeda motor, bis dan jenis kendaraan lainnya. Oleh sebab itu, poin-poin mengenai tertib lalu lintas dan pengetahuan mengenai kendaraan itu sendiri haruslah diperhatikan. Untuk membuat anda lebih berhati-hati saat berkendara, beberapa tips aman saat berkendara pada penjelasan kali ini mungkin akan sangat membantu.


Tips Aman Saat Berkendara Demi Menjaga Keselamatan

{1.} Sebelum memulai perjalanan, pastikan anda sudah tidur dan makan cukup, sertajangan terlalu mengharapkan efektifitas dari meminum kafein. Meskipun efek dari kafein sangat membantu pada awal waktu, namun seiring berjalannya waktu, mata anda mungkin tidak akan lagi fokus meskipun masih dalam keadaan terjaga.

{2.} Luangkan waktu setiap beberapa jam untuk beristirahat. Anda tidak perlu berhenti, yang terpenting anda bisa memberikan waktu untuk punggung mendapatkan posisi yang nyaman. Jangan lupa siapkan cemilan dan minuman agar mendapatkan udara segar.

{3.} Jika anda berkendara bersama orang lain, pastikan anda sudah memberitahu teman berkendara tersebut untuk selalu mengawasi anda. Namun jika anda berkendara sendiri, menyalakan radio bisa menjadi teman yang efektif agar anda tetap fokus. Selain itu, menjaga kecepatan berkendara tetap stabil juga bisa membantu anda tetap terjaga.

{4.} Tips aman saat berkendara yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memperhatikan keadaan mobil dan jalanan setiap saat. Jika terpaksa harus menepi, anda harus menemukan tempat yang tepat. Jangan gunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan benar-benar darurat.

{5.} Pastikan anda selalu awas terhadap rambu-rambu yang ada, serta mempelajari setiap artinya. Selain itu, peraturan umum, seperti menggunakan belt atau sabuk pengaman, helm, tidak menggunakan ponsel ataupun tidak menyalakan radio terlalu besar harus anda patuhi.

{6.} Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memabukkan ataupun membuat anda tidak bisa konsentrasi, seperti alkohol dan obat tidur.

{7.} Selalu memperhatikan langit agar bisa memprediksi perubahan cuaca yang mungkin menyerang. Ketika anda berkendara dengan sepeda motor, maka mengetahui cuaca sangatlah penting. Misalnya ketika mendung muncul, anda bisa siap siaga menggunakan baju anti air.

{8.} Jika anda menggunakan kendaraan pinjaman atau menyewa dari rental mobil misalnya, usahakan untuk mengecek terlebih dahulu segala kelengkapan dan performanya, mulai dari rem, ban, oli, aki dan lain sebagainya. Semua pengecekan tersebut harus anda tingkatkan ketika ingin melakukan perjalanan yang lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk mengunci barang-barang berharga di laci ataupun bagasi.

{9.} Pertimbangkan untuk menyimpan nomer-nomer penting, seperti nomer kantor polisi, perusahaan truk derek, ambulan dan sejenisnya.

{10.} Tips aman saat berkendara selanjutnya adalah konsisten mengecek keadaan takaran bahan bakar. Jangan menunggu bahan bakar anda hingga mencapai tanda E. Terlebih ketika anda bepergian ke tempat asing, dimana letak pom bensin sulit untuk diketahui.


Kesimpulan
Kesepuluh tips aman saat berkendara demi keselamatan di atas mestinya harus selalu anda terapkan. Meskipun tidak bisa menjamin keselamatan 100%, setidaknya anda sudah bertanggung jawab dan berusaha atas keselamatan anda sendiri dan penumpang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Aman Saat Berkendara Demi Menjaga Keselamatan