Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Berkendara saat musim hujan akan lebih sulit dibandingkan saat musim kering. Oleh sebab itu, penting bagi anda yang ingin berkendaraa di saat hujan untuk memeriksa segalanya, baik keadaan mobil maupun keadaan anda sendiri. Untuk lebih mengenal mengenai cara-cara mempersiapkan kendaraan dan diri saat berkendara di musim hujan, anda dapat mempraktekkan beberapa tips berkendara saat hujan berikut ini.


Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

{1.} Memeriksa Keadaan Ban
Sebelum hendak pergi dengan kendaraan saat hujan, sudah sepantasnya anda melakukan pemeriksaan terhadap ban. Hal pertama yang harus diperiksa adalah tekanan udara. Anda harus yakin bahwa udara pada ban sudah sesuai. Pencocokan tekanan udara dapat anda ketahui dengan melihat buku manual ataupun nomer yang tertera pada sisi ban. Selain itu, periksa juga kedalaman tapak. Jangan gunakan tapak yang sudah terlalu tipis.

{2.} Memperlambat Laju
Biasanya hujan membuat jalan bercampur antara kotoran dan minyak, itu mengapa kondisi di jalanan dapat menjadi sangat licin dan membuat anda mudah meluncur. Dengan melambatkan laju kendaraan, anda akan terhindar dari kecelakaan akibat tapak ban yang bergerak dengan tidak semestinya.

{3.} Periksa Rem
Selain ban, komponen juga sangat penting untuk diperiksa sebelum berangkat pergi berkendara. Jika anda menggunakan mobil, maka perhatikan apakah rem membuat laju mobil slip atau tidak. Anda juga jangan memompa rem jika mobil menggunakan sistem pengereman anti-lock atau ABS.

{4.} Menjaga Jarak Antar Kendaraan
Terutama untuk mobil, anda harus menjaga jarak yang lebih jauh dibandingkan saat cuaca tidak hujan. Dengan begitu, kejadian kecelakaan akibat kontrol rem, kopling dan pedal gas yang tidak maksimal akibat jalan yang licin dapat dikurangi. Selain itu, terkadang alas kaki kita yang basah pun dapat membuat penekanan terhadap pedal gas dan rem tidak maksimal. Dengan menjaga jarak cukup jauh, anda bisa melakukan preventif, sehingga tidak akan terjadi tabrakan.

{5.} Selalu Hidupkan Lampu
Baik siang maupun malam hari, lampu adalah hal yang penting. Terlebih ketika hujan terjadi, keadaan jalan, embun dan faktor-faktor lainnya dapat membuat mata anda kurang sigap. Oleh sebab itu, pastikan anda selalu menghidupkan lampu, baik depan maupun belakang. Hal ini juga berfungsi untuk membuat awas pengendara lainnya yang ada di dekat anda.

{6.} Berhenti Ketika Hujan Mulai Lebat
Berhenti dan istirahat adalah tips berkendara saat hujan yang patut anda perhatikan. Ketika hujan mulai lebat, air akan mengalir di bilah wiper, membuatnya melebar ke area kaca depan dan samping mobil tanpa memberikan ruang untuk melihat. Hal tersebut tentunya mengurangi visibilitas anda melihat tepi jalan maupun kendaraan lainnya. Oleh sebab itu, jangan coba untuk memaksakan jika memang sudah tidak dapat dilanjutkan. Anda dapat mencari tempat parkir ataupun rest area dan beristirahat barang sebentar.


Kesimpulan
Beberapa tips berkendara saat hujan di atas dapat anda gunakan juga saat keadaan cuaca lainnya. Pada hakekatnya selalu waspada adalah hal yang utama jika anda ingin mengurangi serendah-rendahnya risiko terjadi kecelakaan. Selain itu, menjaga mesin dan komponen lainnya tetap berjalan dengan baik juga sangat penting jika anda tidak ingin terjebak dalam hujan dengan keadaan kendaraan yang mogok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan