Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

5 Strategi Promosi Produk Terbaik Dalam Merintis Bisnis

Untuk anda yang masih pemula atau sedang merintis suatu bisnis, melakukan promosi produk adalah salah satu hal utama yang harus dipikirkan. Biasanya intens atau fokus promosi ada pada merek dan produk itu sendiri. Tujuannya tentu sangat beragam, mulai dari meningkatkan penjualan, memikat calon pembeli saham hingga untuk meningkatkan tren merek. Selain itu, promosi produk pun banyak macamnya dan banyak pula metode penerapannya. Untuk itu, jika anda adalah seorang yang baru terjun pada suatu bisnis, 5 strategi promosi produk di bawah ini tentunya akan sangat dibutuhkan.


Strategi Promosi Produk Terbaik Merintis Bisnis

{1.} Kontes
Kontes bisa digunakan oleh segala macam jenis bisnis. Fokus utamanya bukan pada penjualan, namun lebih kepada branding merek. Anda nantinya bisa menyematkan logo serta nama di depan publik, sehingga lebih banyak orang yang mengetahui perusahaan anda. Cara ini banyak dipakai karena efisiensi promosi. Anda tidak perlu susah-susah memaksa orang untuk membaca dan melihat merek anda, karena biasanya kontes menjadi magnet alami. Terlebih jika hadiah-hadiah yang disajikan sangat menggoda.

{2.} Media sosial
Berbagai macam media sosial, mulai dari Facebook, Twitter hingga LinkedIn menawarkan akses bagi anda pengusaha untuk mempromosikan merek, produk, jasa, nama dan hal-hal penting lainnya yang berkenaan dengan bisnis yang sedang anda rintis, termasuk memberikan jalan sebagai media promosi acara dan strategi promo itu sendiri.

Dengan menggunakan media sosial, anda bisa menyerap sebanyak-banyaknya calon konsumen tanpa ada batasan dengan harga yang sangat terjangkau. Bagaimana tidak murah meriah? anda bisa melakukan promosi mulai dari harga nol rupiah. Selain itu, efek viralnya pun bisa membuat produk anda dilihat oleh orang banyak yang tidak pernah anda bayangkan. Bahkan anda juga bisa memasang iklan berbayar. Misalnya anda dapat memasang ikan di Facebook dengan jaminan pengaturan penonton tertarget.

{3.} Email Marketing 
Ini adalah strategi promosi produk terbaik yang sudah ada sejak lama dan masih bertahan hingga sekarang. Dengan memberikan penawaran-penawaran produk melalui email, anda bukan hanya membuat konsumen ingat dengan brand, namun juga membuat mereka datang kembali untuk membeli.

{4.} Produk Giveways (hadiah)
Untuk sebuah perusahaan kecil atau rintisan, hadiah adalah suatu yang sangat penting. Dengan memberikan berbagai macam bonus kepada konsumen, usaha yang anda buat akan semakin terpercaya. Konsumen anda bukan hanya akan kembali membeli, namun juga produk anda biasanya akan dipromosikan secara gratis kepada teman, kerabat ataupun keluarga. Walhasil, efek mulut ke mulutnya membuat produk anda menjadi viral.

{3.} Survey After-sale (setelah penjualan)
Mungkin bagi pemula, menghubungi pelanggan yang baru saja membeli adalah sesuatu hal yang canggung. Namun, bagi perusahaan besar, hal seperti ini sudah biasa. Anda mungkin pernah mengalaminya, ketika membeli suatu barang, akan ada customer service yang melakukan suvey ketertarikan anda terhadap produk tersebut. Nantinya CS tersebut biasanya akan mempromosikan produk lainnya untuk mengajak anda membeli lagi dan lagi.


Kesimpulan
Semakin anda memahami 5 strategi promosi produk terbaik dalam merintis bisnis di atas, maka anda akan semakin lihai dalam masalah marketing atau penjualan produk. Secara tidak langsung, semua aspek yang diperlukan perusahaan untuk naik tahta akan meningkat. Namun begitu, tidak semua teknik promosi dapat dilakukan secara trial dan error. Terkadang anda membutuhkan ahli pada bidangnya untuk mengatasi semua hal tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Strategi Promosi Produk Terbaik Dalam Merintis Bisnis