Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Daftar Peralatan Yang Harus Ada Pada Mobil Anda

Keselamatan adalah hal yang terpenting bagi anda seorang pengendara mobil. Karena kita tahu mobil dapat melaju dengan cepat dan ketika kita tidak konsentrasi maka kecelakaan sangat mungkin dapat terjadi. Oleh sebab itu, menjaga keadaan fisik tetap fokus serta mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan mobil anda, baik itu mesin dan hal-hal semacamnya adalah suatu kewajiban. Tentu keadaan fisik dapat kita jaga dengan tidak berkendara saat mengantuk atau dalam keadaan sakit serta beristirahat ketika benar-benar lelah. Namun bagaimana dengan peralatan yang ada di dalam mobil? Untuk menjawab hal tersebut, anda dapat menyimak beberapa daftar peralatan yang harus ada pada mobil anda.  

peralatan yang harus ada pada mobil

Daftar Peralatan Yang Harus Ada Pada Mobil

{1.} Ponsel dan Charger  
Ketika anda mengalami kesulitan, anda memerlukan ponsel untuk menghubungi pusat bantuan. Jangan lupa pastikan daya-nya selalu terisi dengan penuh sebelum berangkat pergi. Selain itu, siapkan pula charger untuk pengisian baterai.  

{2.} P3K
Kotak pertolongan pertama sangat penting untuk dapat dijadikan bantuan tahap awal ketika terjadi kecelakaan. Biasanya kotak P3K berisi pita perekat, kain kassa, aspirin, krim antiseptik, salep, tisu antiseptik dan obat-obatan khusus untuk anda dan keluarga.  

{3.} Pemadam Api
Ada dua jenis pemadam api yang harus anda ketahui, diantaranya adalah pemadam api kelas B dan kelas C. Biasanya untuk kelas B melibatkan cairan yang mudah terbakar, misalnya minyak tanah, solar dan bensin. Sedangkan pemadam api kelas C digunakan untuk peralatan yang berhubungan dengan listrik, seperti baterai, saklar dan kotak panel.  
{4.} Peringatan Segitiga (three reflective)
Ketika mobil anda mogok atau terjadi kerusakaan lainnya, misalnya karena kecelakaan kecil dan anda sedang berada di jalanan yang pengendara lain melaju dengan cepat dan padat, anda memerlukan peringatan segitiga untuk menjaga pengendara lain tidak melaju ke arah anda. Nantinya peringatan segitiga ini dapat anda letakkan 50 kaki dari mobil.  

{5.} Sarung Tangan  
Sarung tangan berguna untuk menjaga tangan anda tetap bersih dan terhindar dari luka akibat benda tajam ataupun panas ketika memegang mesin atau komponen lainnya pada mobil. 

{6.} Senter dan Baterai Ekstra
Pastikan senter sudah diisi dengan daya yang penuh. Selain itu, pilih senter dengan fitur anti air. 

{7.} Tali
Tali derek juga salah satu peralatan yang harus ada di mobil anda yang akan berguna untuk menarik mobil anda dengan bantuan mobil lainnya ketika terjadi mogok ataupun kecelakaan. 

{8.} Peralatan Makan dan Minum
Fungsinya adalah untuk menjaga keadaan tubuh anda tetap berenergi, terlebih ketika anda sedang berkendara di malam hari. Pastikan juga membawa makanan dan minuman yang kaya akan karbohidrat dan protein. Selain itu, anda mungkin harus membawa peralatan berupa mangkuk plastik, sendok, kotak freezer ataupun kompor mini jika ingin pergi ke antar kota 

{9.} Ban Serep
Gunakanya untuk mengganti ban utama mobil anda jikalau terjadi kerusakan ataupun kekurangan udara. Jangan lupa untuk membawa peralatan pengganti ban sekaligus pengukur tekanan udara. 

Baca juga tips merawat mesin motor 

Kesimpulan  
Dengan mengetahui beberapa peralatan yang harus ada pada mobil tersebut, setidaknya dapat membuat anda lebih preventif terhadap apa-apa yang mungkin terjadi saat berkendara. Terlebih jika anda memang pengemudi yang bekerja menggunakan kendaraan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daftar Peralatan Yang Harus Ada Pada Mobil Anda