Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Langkah dan Tips Sederhana Membeli Mobil Bekas

Memiliki kendaraan mobil adalah dambaan setiap orang dari kita. Oleh sebab itu, menemukan mobil yang tepat untuk dipakai adalah suatu keharusan. Terlebih jika mobil yang anda beli adalah bekas pakai atau used car. Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai langkah dan tips membeli mobil bekas yang benar, sehingga nantinya anda tidak akan kecewa.


Tips Sederhana Membeli Mobil Bekas

Langkah 1: Sesuaikan Dengan Anggaran
Ketika anda membeli mobil bekas secara cash atau tunai, maka itu bukan hal yang harus diperdebatkan. Namun beda lagi jika anda membelinya menggunakan sistem cicil. Anda harus mempertimbangkan harga mobil dengan anggaran. Biasanya yang paling sesuai adalah 20% dari pendapatan anda.

Langkah 2: Menulis Daftar Mobil Bekas
Untuk menghemat uang, anda mungkin harus bisa benar-benar memilih mobil mana yang paling tepat. Oleh sebab itu, pastikan anda sudah menulis daftar urutan mobil bekas yang bisa anda beli. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan mobil terbaik dengan harga termurah. Jadi nantinya anda tidak akan memilih Toyota Camry atau Honda Accord dan lebih memilih Nissan Altima atau Chevloret Malibu.

Langkah 3: Perhatikan Harga dan Ulasan
Karena kendaraan mobil yang akan anda beli adalah bekas, maka anda harus pastikan bahwa harga fitnya sesuai dengan harga pasaran, sehingga anda nantinya tidak akan rugi. Anda bisa melakukan cek nilai pasar atau True Cost to Own (TCO). Selain itu, anda juga harus membandingkan antara harga, spesifikasi, review atau ulasan, ekonomi bahan bakar serta daftar harga standar.

Langkah 4: Periksa Laporan Sejarah Kendaraan
Sebelum anda membeli mobil bekas tertentu, ada baiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai sejarah dari mobil tersebut. Jika hasilnya negatif, misalnya mobil tersebut pernah dipakai untuk kejahatan, tabrakan dengan kerugian total pada perusahaan asuransi atau jika edometer sudah diperpanjang, maka tidak ada alasan untuk melanjutkan transaksi.

Langkah 5: Test-drive
Selain untuk melihat performa dari mesinnya, test-drive juga dapat membuat anda mensimulasikan kondisi pola mengemudi yang normal. Usahakan anda menggunakan mobil bekas tersebut dengan kecepatan 65 mph. Selain itu, tanyakan pula mengenai catatan service. Jangan beli mobil tersebut jika sudah pernah terkena kecelakaan serius, perbaikan transmisi secara besar-besaran ataupun penggantian mesin overhauls.

Langkah 6: Melakukan Pemeriksaan
Langkah dan tips sederhana membeli mobil bekas seanjutnya adalah melakukan pengecekan kelengkapan. Lebih dari test-drive, pemeriksaan pra-pembelian dapat menghemat anggaran anda sebesar-besarnya. Anda dapat menyewa seorang ahli mekanik untuk memeriksa bagian-bagian penting dari mobil secara menyeluruh. Namun begitu, melakukan hal ini terkadang cukup sulit, terlebih jika anda membelinya di dealer besar.

Artikel lainnya tips aman saat berkendara

Langkah 7: Negosiasi dan kesepakatan
Langkah dan tips membeli mobil bekas yang terakhir adalah melakukan negosiasi sebelum membeli. anda dapat melakukan tawar menawar hingga mencapai harga di bawah harga umum. Namun sebelum itu, pastikan anda membeli mobil tersebut pada tempat yang benar-benar terpercaya, sehingga harga yang mereka bandrol sangat wajar, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah dan Tips Sederhana Membeli Mobil Bekas