Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Memulai Bisnis

Kita mungkin sering melihat suatu bisnis atau usaha seseorang mengalami gulung tikar, entah itu hanya dalam waktu seminggu, sebulan atau setahun. Kebanyakan gulung tikar diakibatkan oleh kesalahan dalam memulai bisnis. Awal dalam binis adalah pondasi, ketika anda membangun suatu usaha dengan banyak kesalahan, maka bisnis tersebut akan sangat mudah rapuh, bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Oleh sebab itu, sebelum semua hal tersebut terjadi, anda mungkin harus mengetahui terlebih dahulu beberapa kesalahan dalam memulai bisnis di bawah ini.


Inilah Kesalahan Dalam Memulai Bisnis

{1.} Tidak Melakukan Rencana Bisnis
Ide bisnis saja tidak cukup untuk mewujudkan usaha yang diinginkan. Anda perlu suatu rencana, sehingga semuanya berjalan dengan lancar. Cobalah untuk menuliskan poin-poin penting dari bisnis yang akan dijalankan, mulai dari ide, strategi jangka pendek dan strategi jangka panjang. Jangan lupa juga rencanakan target bisnis anda, entah itu selama satu minggu, sebulan ataupun setiap tahunnya.

{2.} Melakukan apa yang Anda Sukai
Passion adalah satu kata yang sering kita dengar dari mulut para motivator bisnis. Ketika kita membangun bisnis yang memang benar-benar kita cintai, maka apapun halangan rintangannya semua akan terlihat lebih mudah. Anda dapat bertanya apa passion yang tepat, misalnya anda menyukai memasak, maka membangun bisnis restoran adalah pilihan yang tepat. Jika anda menyukai desain, maka membuat jasa desain ataupun membangun toko distro bukan sesuatu yang buruk. Memang hal ini terlihat hanya seperti teori, namun jika tidak dipikirkan matang-matang, maka bisnis anda tidak akan berjalan dengan benar-benar baik.

{3.} Tidak Melakukan Riset Pasar 
Selanjutnya kesalahan memulai bisnis adalah kurang mampu atau lupa melakukan riset terhadap pangsa pasar. Sebagian dari kita lupa, malas ataupun tidak ingin repot-repot melakukan hal ini. Walhasil produk atau jasa yang mereka jual tidak tepat sasaran, bahkan tidak ada penjualan satu pun.

Melakukan uji kelayakan, uji kemampuan, uji layanan dan uji produk adalah hal yang penting ketika awal-awal membangun bisnis. Anda harus tahu terlebih dahulu apakah calon konsumen benar-benar menyukai produk atau jasa yang akan anda jual atau tidak.

{4.} Mengabaikan Kompetisi
Mungkin kita sering mendengar istilah bertarung dengan kompetitor secara sehat. Kebanyakan dari pebisnis yang hebat tidak akan meremehkan kompetitor mereka, apalagi menghilangkannya. Namun bagi pebisnis yang masih amatir atau pemula, kompetisi benar-benar diabaikan. Mereka merasa bahwa hanya Merekalah satu-satunya yang menjual produk ataupun jasa tersebut. Walhasil, tidak jarang dari mereka yang kalah sebelum bertanding.

Sebagai contoh, ketika anda menjual produk elektronik, misalnya TV. Anda menjual TV tersebut seharga 1 juta rupiah. Lalu ada di area dekat Anda berjualan yang menjual TV dengan varian yang sama dengan harga 800 ribu rupiah saja. Dengan kejadian tersebut, anda sebagai kompetitor akan kalah telak.


Kesimpulan
Beberapa kesalahan dalam memulai bisnis di atas hanyalah sebagain kecil dari banyak kesalahan yang sering kita lakukan. Masih ada poin-poin penting yang harus anda perhatikan ketika ingin membangun usaha, misalnya saja memperhitungkan kekuatan dan kelemahan anda sendiri, memahami ilmu mengenai produk atau jasa anda, memiliki cukup modal, berinvestasi dan menabung serta melakukan hire karyawan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Memulai Bisnis