Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Toko Online

Seiring berlalunya waktu, bisnis saat ini sudah berkembang sangat pesat. Anda akan menemukan banyak jalan untuk memulai suatu usaha. Salah satu yang saat ini sedang digandrungi banyak pengusaha adalah bisnis toko online. Sebenarnya sistemnya hampir sama dengan toko-toko di pinggir jalan. Namun bedanya, anda menjual suatu barang ataupun jasa melalui internet. Untuk lebih mengenai mengenai hal tersebut, mari kita simak beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis toko online.


Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Toko Online

Kelebihan Bisnis Toko Online

{1.} Biaya Menjadi Lebih Efektif
Dengan terjun menggunakan internet, berarti pembayaran maupun transaksi secara keseluruhan mengenai keuangan menjadi lebih cepat dan efisien. Anda hanya perlu menekan beberapa tombol, maka internet akan bekerja untuk anda. Semuanya menjadi serba elektronik, termasuk melakukan konversi dengan biaya yang rendah. Selain lebih murah, biaya e-commerce juga didesain lebih cepat dan sederhana dengan bantuan banyak sekali situs pendukung, seperti PayPal, internet banking dan lain sebagainya.

{2.} Margin yang Lebih Tinggi
Bisnis toko online memungkinkan anda bergerak lebih baik dengan margin yang lebih tinggi, sehingga bisnis lebih mudah terselamatkan. Dengan margin yang tinggi, bisnis pun lebih mudah terkontrol, karena fleksibilitasnya pun tinggi. Dengan menjadikan internet sebagai ladang penjualan, Anda juga akan menghemat lebih banyak waktu.

{3.} Modal yang Lebih Kecil
Tentu kita tahu perbedaan yang mendasar antara toko fisik dengan toko online adalah masalah bangunannya. Jika anda membangun toko offline dengan bahan baku berupa semen, batu bata, pasir dan lain sebagainya, di internet anda hanya perlu membangun suatu situs dan harganya pun jauh berkali-kali lipat lebih murah.

Kekurangan Bisnis Toko Online

{1.} Kepercayaan
Kepercayaan adalah hal paling penting bagi konsumen yang ingin membeli barang atau jasa melalui media online. Itulah kekurangan bisnis toko online yang memang tidak mudah. Biasanya konsumen akan lebih percaya pada toko online yang besar, sudah memiliki banyak penjualan atau transaksi dan memiliki banyak rekomendasi dari situs yang sudah terpercaya sebelumnya.

{2.} Keamanan 
Kekurangan bisnis toko online selanjutnya ada pada sistem keamanan. Karena kita akan membangun toko online melalui banyak produk non fisik, mulai dari domain hingga hosting, maka kita berarti bergantung pada sistem milik orang lain. Hal tersebut tentunya akan membuat keamanan situs kita menjadi sangat rentan untuk diretas.

{3.} Marketing yang Sulit
Baru memulai bisnis toko online berarti baru pula mengetahui mengenai internet marketing. Ketika anda mencobanya mungkin pertama kali yang terlintas adalah mengenai promosi agar menjualan meningkat. Memang terlihat sama sebenarnya dengan toko offline, namun secara rincinya sangat-sangat berbeda. anda harus melakukan banyak cara agar lalu lintas pada situs mengalami peningatan setiap harinya. Anda juga harus belajar mengenai banyak bidang ilmu baru, seperti SEO, email marketing, SEM dan lain sebagainya.


Kesimpulan 
Beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis toko online yang sudah dibahas di atas semoga dapat lebih membuka wawasan anda mengenai jalan bisnis yang satu ini. Selain itu kelebihan dan kekurangan bisnis toko online tersebut juga bisa dapat anda jadikan pegangan, agar usaha yang anda jalani benar-benar dapat dipersiapkan dengan teliti sejak dini. Sehingga konsekuensi buruknya dapat ditekan serendah mungkin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Toko Online