Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

5 Jenis Potongan Batu Permata Akik Nan Indah

Jika kita melihat batu akik yang berjejer rapih di pertokoan ataupun deretan warung penjual barang-barang antik, kita biasanya akan melihat batu permata akik yang sudah dipoles dengan sangat indah. Biasanya batu-batu tersebut sudah diberi ikat dari besi sebagai cincin ataupun tali sebagai kalung dan lain sebagainya. Selain itu, batu akik yang diperjual belikan juga tidak sedikit yang sudah dipotong sedemikian rupa agar terlihat menjadi sangat indah. Untuk lebih mengenal mengenai potongan-potongan tersebut, anda dapat mempelajari 5 jenis potongan batu akik berikut ini.

5 Jenis Potongan Batu Permata Akik Nan Indah

{1.} Brilliant Cut


Brilliant cut atau potongan berlian adalah jenis potongan batu akik yang jarang dipakai. Namun bagi batu berlian atau diamond, potongan jenis inilah yang paling populer. Tidak ada yang tahu kapan dan dimana awal mula jenis potongan ini tersebar. Namun banyak yang berkata bahwa pengrajin dari Venesia-lah yang mulai membuatnya pada abad ke-18. Ciri khas yang paling menonjol dari brilliant cut adalah facet pada potongan yang berjumlah hingga mencapai 57 atau 58 buah dengan culet berjumlah satu buah.

{2.} Cabochon Cut


Jenis potongan batu akik selanjutnya adalah cabochon cut atau potongan setengah bulat. Cabochon sendiri memiliki arti kepala yang diambil dari bahasa Perancis untuk menunjukkan suatu batu permata yang sudah dipoles hingga berbentuk bulat nan halus. Sama seperti namanya, ciri khas dari batu ini adalah bentuknya yang setengah bulat dengan bagian bawah yang hampir rata. Ada beberapa batu akik yang banyak dipotong menggunakan gaya ini, diantaranya adalah mata kucing dan safir.

{3.} Step Cut


Potongan persegi atau datar adalah jenis ketiga pada pada daftar kali ini. Step cut sendiri memiliki ciri khas berupa potongan yang hampir sangat mirip dengan berlian atau bisa Kita sebut juga emerald cut. Selain itu, step cut juga terkadang berbentuk persegi panjang dengan polesan miring pada bagian sisi-sisinya. Ada banyak jenis batu akik yang dapat dibuat menggunakan jenis potongan ini, namun sebagian besar harus berbentuk persegi panjang.

{4.} Mixed Cut


Mixed cut adalah jenis potongan batu akik banyak diterapkan pada ruby dan safir ini memiliki ciri khas berupa bentuk bulatan yang dipoles pada bagian sisi-sisinya hingga menjadi seperti potongan berlian.

{5.} Fancy Cut


Jenis potongan yang terakhir adalah fancy cut atau potongan mewah. Semakin rumit potongan batu akik yang dibuat, maka itulah yang dinamakan fancy cut. Ada banyak bentuk yang beredar di pasaran mengenai potongan ini, misalnya saja potongan triangular, pentagon dan hexagon.


Kesimpulan
Dengan mengetahui kelima jenis potongan batu permata di atas, anda yang mungkin ingin terjun ke dunia bisnis batu mulia ini dapat lebih mengenal dan mengetahui keilmuannya. Selain itu, anda juga bisa berkreasi, sehingga nantinya batu yang dijual memiliki harga yang lebih mahal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Jenis Potongan Batu Permata Akik Nan Indah