Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Jenis Warna dan Pola Karakteristik Batu Akik di Dunia

Batu akik atau agate adalah salah satu dari banyak batu mulia yang terdapat di planet ini. Jumlahnya yang banyak membuat para peneliti membagi mereka dalam katalog dan namanya masing-masing. Terkadang setiap batu diurutkan berdasarkan warna, bentuk dan lokasinya. Untuk lebih mengenal mengenai batu populer nan indah ini, anda dapat mengenal terlebih dahulu berbagai jenis batu akik di dunia.

Jenis Warna dan Pola Karakteristik Batu Akik di Dunia

{1.} Fortification Agate


Fortification atau fortifikasi adalah jenis batu akik yang paling umum dan paling banyak dikenali. Biasanya warnanya konsentris dengan permukaan yang berongga. Jika anda memotong Fortification agate menjadi dua, maka anda akan melihat struktur benteng di sekitar rongga tengah. Sangat indah ketika tersorot oleh sinar.

{2.} Water Line Agate


Jenis pola batu akik di dunia selanjutnya yang harus anda ketahui adalah water line agate. Seperti namanya, jenis batu akik yang satu ini memiliki ciri khas berupa garis lurus sejajar. Formasi garis lurus ini biasanya berbentuk satu arah. Membuatnya menjadi seperti putaran garis batang pohon.

{3.} Shadow Agate


Ciri khas dari shadow agate atau batu akik bayangan adalah munculnya ilusi ketika kita melihat potongannya. Setiap lapisan dari batu akik jenis ini lebih mirip dengan efek optik yang membuat bayangan terlihat bergerak.

{4.} Tube Agate


Tube atau tabung adalah jenis batu akik selanjutnya. Batu mulia ini terbentuk akibat sebuah batang mineral yang sangat tipis menyatu di dalam gel silika, nantinya gel tersebut membeku dan membentuk kalsedon. Terkadang tube agate berbentuk seperti inklusi, namun juga dalam beberapa keadaan ada jenis batu tube yang berbentuk silika berlubang. Ciri utama mereka adalah bentuk formasi tabung yang indah.

{5.} Eye Agate


Seperti namanya, eye agate memiliki pola yang mirip mata pada permukaannya. Sebenarnya bentuk mata tersebut adalah bintik-bintik yang berisi pita konsentrasi warna, bahkan warnanya dapat menjadi solid. Mata tersebut diteliti dihasilkan dari rongga pada gel silika yang terisi oleh kalsedon mikro-kristal.

{6.} Plume Agate


Batu akik jenis ini adalah salah satu jenis batu mulia paling unik di dunia. Polanya menarik dan terlihat seperti pakis. Plune agate diteliti dihasilkan dari formasi di luar tumbuhnya deposiro kalsedon. Formasi tersebut nantinya terjatuh lalu membentuk batu akik.

{7.} Moss Agate


Sama seperti plume, batu akik moss adalah salah satu jenis batu mulia yang bentuknya unik. Batu jenis ini berbentuk seperti pohon, pakis, lanskap dan lumut. Pembentukan inklusinya sendiri diteliti terbentuk dari kandungan oksidasi mangan dan besi.

{8.} Geode Agate


Batu akik geode terbentuk dari fortifikasi geodes. Biasanya ciri khas dari batu mulia ini adalah pusat batunya memiliki rongga. Hal tersebut diakibatkan oleh campuran gel silika dan air yang mengalir keluar sebelum batu terbentuk.

{9.} Seam Agate


Jenis batu akik yang terakhir adalah seam agate. Jenis satu ini memiliki ciri khas berupa bulatan kantung dan celah-celah sempit di dalam batu. Selain itu, pada bagian-bagiannya juga terbentuk deretan kalsedon.


Kesimpulan
Dengan mengetahui jenis batu akik di dunia tersebut, kita akan bisa membedakan setiap jenis batu akik dengan batu biasa. Lebih-lebih jika anda berminat atau memang sudah terjun ke dunia binis batu mulia. Sehingga ilmu anda mengenai salah satu batu mulia ini dapat bertambah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Warna dan Pola Karakteristik Batu Akik di Dunia