Dunia Informasi & Inspirasi

Sharing Infomasi Seputar Dunia Informasi & Inspirasi

Kenali 5 Tipe dan Jenis Konsumen Bisnis Online

Berbelanja online saat ini menjadi salah satu komoditi nasional yang bergerak meloncat tinggi setiap tahun, bahkan setiap bulannya. Semakin banyak orang yang mulai masuk ke dunia bisnis online untuk mencari penghasilan tambahan, maupun mencari penghasilan utama hingga investasi. Hal tersebut juga didukung oleh mencuatnya para konsumen yang mulai meningkat tingkat kepercayaannya terhadap penjual produk maupun jasa di internet. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi anda para remaja untuk mulai ikut andil dalam bisnis online ini. Namun begitu, sebelum masuk ke dalamnya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu ilmu-ilmu mengenai bisnis di internet. Salah satunya adalah dengan mengenal 5 jenis konsumen bisnis online.


Kenali 5 Tipe dan Jenis Konsumen Bisnis Online

{1.} The Avid Shopper
Biasanya jenis konsumen yang satu ini memiliki pengalaman yang panjang terhadap jual beli online. Mereka mengetahui semua rahasia dagang, mulai dari harga hingga sekuritas. Mereka juga tahu mana situs dengan harga yang terbaik dan kualitas yang sesuai. Bahkan kebanyakan dari jenis konsumen online ini mengerti mengenai kebijakan, layanan dan penawaran terbaik. Sebagian mereka lebih banyak belanja melalui media online, sehingga tidak sedikit yang menyebut mereka dengan nama “shopaholic”.

{2.} The Emotional Shopper
Jenis konsumen selanjutnya adalah The Emotional Shopper. Seperti namanya, jenis konsumen yang satu ini berbelanja secara online karena mereka stres, marah ataupun sekedar membuang-buang uang dan bosan. Mereka tidak memikirkan mengenai harga dan hanya ingin membeli apa yang dilihat.

{3.} The Impulse Buyer
Untuk jenis konsumen internet yang satu ini sangat jarang ada setiap saat. Namun begitu, anda akan melihatnya ketika anda sebagai penjual atau pemilik toko online memberikan impulse, misalnya memberikan diskon, penawaran harga murah, stok terbatas, item pilihan dan impulse lainnya. Ketika impulse itu datang, sebagaian orang terasa terhipnotis untuk membeli dan orang-orang tersebutlah yang biasa disebut dengan nama The Impulse Buyer.

{4.} The Deal Hunter
Seperti namanya, The Deal Hunter akan mencari produk atau jasa untuk melakukan kesepakatan. Pencariannya bahkan sebelum produk tersebut ada. Mereka biasa mencari produk-produk yang akan mungkin booming dikemudian hari, misalnya dengan membaca majalah dan katalog.

{5.} The Casual Shopper
Tipe dan jenis konsumen online yang terakhir adalah The Casual Shopper. Biasanaya jenis konsumen ini hadir dan membeli produk hanya sesekali saja. Mereka membeli apa yang benar-benar dibutuhkan dan meneliti dahulu apakah produk atau jasa tersebut benar-benar baik atau tidak. Bagi mereka, kecerdasan dalam membeli itu sangat penting, karena uang tidak boleh dihamburkan begitu saja.


Kesimpulan
Dengan mengetahui kelima jenis konsumen bisnis online di atas, anda akan bisa menjadi seorang pebisnis ataupun pengusaha online yang pintar dan tahu keadaan. Misalnya saja anda ingin berjualan produk pakaian, lalu anda bertemu dengan jenis konsumen online yang pertama. Pada keadaan tersebut, anda bisa mengambil tindakan dengan memberikan berbagai macam katalog produk dengan cepat. Hal tersebut akan membuat si pembeli lebih tertarik untuk membeli banyak produk sekaligus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenali 5 Tipe dan Jenis Konsumen Bisnis Online